Mengenal Antarmuka Inkscape

Sambungan dari Tentang Inkscape
-
Antarmuka Inkscape
Antarmuka Inkscape terdiri dari, nama aplikasi, menu dan command bar, control bar, kanvas, toolbox, pallete, status bar, dan lain-lain.
Sebelum menggunakan program pengolah gambar Inkscape sebaiknya kita mengenal dulu beberapa menu penting yang ada pada Inkscape, karena dengan mengenal menu-menu penting tersebut akan mempermudah dalam penggunaan program ini:  


























Nama Berkas
Nama Berkas atau sering disebut Name File, merupakan nama dan jenis halaman kerja yang sedang aktif, waktu pertama kali Inkscape di jalankan bertuliskan New Document1-Inkscape

Baris Menu 
Baris Menu atau Menu Bar, menampilkan daftar perintah yang bisa digunakan berupa menu, jika salah satu menu diklik maka akan keluar submenu lainnya.


Baris Perintah
Baris Perintah, menampilkan ikon-ikon yang merupakan perintah utama dalam program Inkscape, seperti ikon membuat halaman baru, membuka  gambar yang sudah dibuat sebelumnya, menyimpan gambar, dan lain-lain, dalam program menggambar Baris Perintah juga sering disebut Command Bar


Alat Kontrol
Baris Alat Kontrol atau sering disebut Tool Control, menampilkan ikon-ikon untuk melakukan pengaturan pada obyek yang sedang dikerjakan, misalnya mengatur jarak obyek dari penggir halaman, mengatur tinggi dan lebar obyek, memutar obyek, dan lain-lain. Ikon akan berubah secara otomatis saat melakukan klik pada salah satu ikon Kotak Alat menggambar


Kotak Alat 
Kotak Alat atau Toolbox, berisi berbagai ikon untuk memudahkan dalam membuat gambar, pada saat satu salah ikon diklik maka secara otomatis ikon pada  Alat Kontrol akan berubah.


Penggaris
Penggaris atau Ruler, merupakan alat bantu untuk mengukur panjang dan lebar suatu halaman kerja. 


Area Kerja 
Area kerja atau sering juga disebut Canvas, merupakan area kerja untuk menempatkan objek yang akan dibuat, area ini dapat  memanjang keluar dari area pandang, halaman ini dapat disorot sesuai kebutuhan dengan mengeser penggulung layar ke kiri-kanan atau ke atas-bawah.


Penggulaung Layar
Penggulung Layar atau sering disebut Scroll Bars, berguna untuk menggulung tampilan layar agar turun atau naik (vertikal) dan ke kiri atau ke kanan (horisontal).


Pallet Warna
Pallet Warna atau sering disebut  Color Pallete, berisi ikon-ikon warna untuk memberi warna pada obyek sesuai warna yang dipilih, untuk memilih warna lain yang tidak terlihat, geser penggulung layar yang disertakan dibawah palet warna.


Penggulung Layar Pallet Warna
Penggulung Layar Pallet Warna atau Scroll Bars Color Pallete, digunakan untuk memilih atau menampilkan palet warna yang tidak terlihat dengan cara menggesernya ke kiri ataupun ke kanan.


Baris Status
Baris Status atau Status Bar, berisi kolom-kolom yang menampilkan berbagai status dari area kerja dan Obyek yang sedang dikerjakan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Antarmuka Inkscape"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.