Menambahkan menu Satuan pada LibreOffice Calc

Tadi siang karena sedang tidak ada kerjaan saya bongkar-bongkar kardus dan mengumpulkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai untuk dijual ke tukang rongsok secara kiloan, seperti biasa saya berusaha membuat pembukuan apa yang dijual hari ini, karena dalam pembukuan tersebut harus membuat data dengan satuan kilogram (kg) sedangkan di LibreOffice Calc tidak tersedia menu satuan tersebut, maka saya harus menambahkan menu tersebut secara manual, sebenarnya bisa saja saya menulis dengan manual, misalnya 1 kg, 2 kg, 3 kg, dll, namun kalau ditulis dengan cara tersebut tidak bisa dijumlahkan secara otomatis dan tentu saja tidak bisa singkron dengan database lainnya.

Oke dibawah ini saya membuat tutorial sederhana untuk memecahkan masalah tersebut

Sebagai contoh latihan buatlah data seperti pada gambar dibawah ini


Blog kolom C6 sampai C16, klik kanan => Format Sel, pilih menu Angka => Ketegori => Mata Uang => -1.234,00 IDR

pada submenu Kode format yang sebelumnya #.##0,00 [$IDR];-#.##0,00 [$IDR] ubah menjadi #.##0 [$Kg];-#.##0 [$Kg]


Setelah semua pengaturan dirasa sudah benar klik Oke, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini


Sekarang letakkan kursor pada Sel E6, kemudian buat rumus untuk melakukan perkalian pada kolom C dengan kolom D (contoh =D6*C6) kemudian tekan Enter
lha dalah.... ternyata hasilnya malah 8.000 kg hahahaha...



Tenang saja, lanjutkan untuk melakukan perkalian pada kolom C dengan kolom D lainnya, bisa dengan cara menulis rumus satu persatu secara manual atau melakukan salin-tempel rumus dari sel E6, setelah selesai letakkan kursor pada Sel E16, lakukan penjumlahan dari E6 s/d E14, blok kolom E6 s/d E16 => klik kanan => format Sel => pilih format yang sesuai, maka hasilnya kira-kira seperti gambar dibawah ini


Demikian tutorial yang dapat saya tulis pada potingan kali ini, mohon maaf jika sangat sederhana, karena memang dibuat sangat sederhana mengingat tutorial ini saya masukkan juga pada buku TIK berbasis Open Source untuk SMP yang sedang saya susun. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menambahkan menu Satuan pada LibreOffice Calc"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.