Pengaturan Grid pada Inkscape

Sambungan dari Guides



2.9. Grids
Grid atau kisi fungsinya hampir sama dengan guides, grid pada Inkscape terdiri dua macam yaitu Kisi segi empat (grid rectangular) dan Kisi Aksonometrik (grid aksonometri).

Kisi segi empat (grid rectangular) terdiri dari garis mendatar (horizontal) dan tegak (vertikal) seperti selembar kertas pada buku matematika yang berisi dengan tabel, sedangkan Kisi Aksonometrik (grid aksonometri) terdiri dari tiga garis yaitu: satu garis tegak (vertikal) dan dua garis miring (diagonal) yang posisinya saling berlawanan dengan kemiringan 300.

Grid Rectangular biasanya dipakai untuk mempermudah pembuatan object berbentuk persegi, sedangkan Grid Aksonometri digunakan untuk mempermudah pembuatan object Tiga Dimensi.

Membuat Grid
Untuk mengedit dan membuat Grid (kisi) baru klik File => Document Properties, pilih menu Grids



Memilih Jenis Grid
Klik submenu di bawah Creation untuk memilih jenis grid yang akan dibuat, kemudian klik New, maka segera tampil menu pengaturan grids.



Menyembunyikan Grid
Hilangkan tanda centang pada kotak Enable maka semua grid yang sudah dibuat akan tersembunyi, sedangkan jika memilih Visible maka yang tidak tampak adalah grids yang sedang di pilih, misalnya dalam satu kanvas terdapat dua grid yaitu Rectangular grid dan Axonometric grid, pada saat menghilangkan tanda centang yang sedang di pilih adalah Rectangular grid, maka Axonometric grid akan tetap tampak dilayar.


Modifikasi warna grid
Klik garis warna yang ada disebelah kanan "Major grid line color" pilih dan lakukan pengaturan warna grid yang dinginkan, sedngakan untuk menghapus grid klik remove di menu paling bawah pada jendela pengaturan grid





Bersambung ke => Tool Box 

< = Kembali ke Daftar Isi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengaturan Grid pada Inkscape"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.