Menulis Ingin Mendapat Hadiah

Di tahun 2014 ini Proyek Blankon Linux  membuat acara demi kemajuan dunia Open Source di Indonesia dengan mengadakan Sayembara Menulis, hal ini dilakukan tim pengembang BlankOn semata-mata untuk kemajuan bersama bagi pengguna Aplikasi Open Source dan GNU/Linux di Indonesia.

Ide membuat Sayembara ini tercetus dari diskusi panjang salah seorang Pengembang BlankOn (tim dokumentasi) dengan pemilik salah satu perusahaan yang sudah migrasi menggunakan GNU/Linux.

Tujuan utama membuat acara ini adalah untuk menyediakan panduan aplikasi berbahasa Indonesia yang bisa di nikmati oleh semua orang dengan gratis, karena selama ini masih sangat sedikit panduan aplikasi Open Source  berbahasa Indonesia yang tersedia, baik berupa buku, majalah, maupun web.



Inti dari acara ini adalah setiap orang bisa menulis di web yang disediakan oleh pengembang BlankOn, dan bagi tulisannya masuk seleksi akan mendapatkan hadiah berupa produk tertentu yang disediakan oleh sponsor.
Namun begitulah kebiasaan orang Indonesia pada umumnya, sampai saat ini masih sedikit artikel yang ditulis oleh peserta, tentunya mereka punya berbagai alasan yang menurut saya sangat dibuat-buat, misalnya hadiahnya kurang besar, gak punya bakat menulis, takut tulisannya jelek, dll.



Belakangan ini muncul acara serupa yang diadakan oleh komunitas lain dengan konsep yang mirip (hal ini sedikit saya sesalkan), padahal beberapa minggu sebelum acara di atas kami lempar ke masyarakat, teman-teman Pengembang BlankOn sudah mengajak para penggiat Open Source di Indonesia untuk mendukung acara tersebut, namun kurang mendapat tanggapan yang serius. Apa memang sudah menjadi kebiasaan jika Komunitas Linux di Indonesia tidak dapat sedikit bersatu?

Yang saya herankan adalah, orang-orang Indonesia itu kalau nulis status dan komentar di media sosial bisa sangat panjang dengan jeda waktu yang tidak terlalu lama, tapi kalau di ajak untuk menulis sesuatu untuk kebaikan bersama kok susahnya minta ampun.
Sudahkan Anda berkontribusi secara nyata? jika belum, mari dimulai dari sekarang


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menulis Ingin Mendapat Hadiah"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.