Review Inkscape 0.91 bagian 2 [Symbol]


Tulisan ini adalah artikel kedua saya mengenai Fitur baru di Inkscape 0.91, jika pada artikel sebelumnya saya menulis tentang fitur baru pada Guides, maka pada artikel ini mengulas fitur yang benar-benar baru pada Inkscape 0.91 yaitu fitur Symbol yang belum tersedia pada Inkscape versi sebelumnya.

Klik Object => Symbols atau tekan Shift+Ctrl+Y, maka segera tampil jendela pengaturan yang terdiri dari beberapa menu dan submenu
Berikut Menu pada jendela pengaturan symbol
  1. Symbol set: digunakan untuk menambahkan symbol baru dan  memilih jenis symbol yang sudah disediakan secara default oleh Inkscape berdasarkan kelompoknya.
  2. Add & Remove Symbol: terdiri dari 2 (dua) ikon yang digunakan untuk menambahkan dan menghapus symbol pada submenu Current Document, ikon sebelah kiri untuk menambahkan symbol ke submenu  Current Document, sedangkan yang kanan untuk menghapus symbol yang sudah ditambahkan.
  3. View Symbol: digunakan untuk melihat tampilan symbol pada Submenu Symbol set.

Memilih Jenis Symbol
Arahkan kursor ke Symbol set => pilih dan klik salah satu submenu yang tersedia, maka pada jendela pengaturan symbol muncul berbagai symbol yang siap digunakan.
Menggunakan Symbol
Klik salah satu symbol yang akan digunakan, kemudian tahan dan seret ke canvas atau page (drag and drop), maka secara otomatis symbol ditambahkan ke canvas.


Menambah dan Menghapus Symbol
Untuk menambahkan symbol baru dari hasil desain yang kita buat ke jendela pengaturan symbol lakukan cara berikut: 
  • Arahkan kursor ke submenu Symbol Set => kemudian klik => pilih Cerrent Document, seleksi symbol yang sudah dibuat sebelumnya, arahkan kursor ke ikon Add & Remove Symbol, pilih ikon sebelah kiri, maka secara otomatis symbol yang kita seleksi tadi ditambahkan ke submenu Cerrent Document, sedangkan untuk menghapus symbol yang sudah ditambahkan klik ikon sebelah kanan.

Mengatur tampilan Symbol
Arahkan kursor ke View Symbol, klik salah satu ikon yang tersedia, maka secara otomatis tampilan symbol pada jendela pengaturan symbol berubah sesuai jenis tampilan yang dipilih. 


Demikian review fitur baru pada Guides di Inkscape 0.91, sampai jumpa pada review fitur baru lainnya (kalau sempat nulis) 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Review Inkscape 0.91 bagian 2 [Symbol]"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.