Group Facebook Hardware Support GNU/Linux

Beberapa hari lalu saya membuat Group baru di Facebook yaitu group Hardware Support GNU/Linux, group ini sengaja saya buat untuk pendataan perangkat keras yang sudah dan belum mendukung GNU/Linux sehingga sedikit banyak dapat membantu orang-orang atau perusahaan yang ingin mendapatkan hardware yang sudah support GNU/Linux saat akan melakukan migrasi dari OS atau Software Ilegal.



Group tersebut saya buat sudah melalui berbagi pertimbangan yang cukup matang berdasarkan riset kecil-kecilan yang sudah saya lakukan, di media sosial juga orang-orang sudah banyak yang membicarakan tentang permasalahan hardware yang kompatible dengan Linux, namun seperti yang sudah-sudah kelemahan orang-orang Indonesia adalah tidak mau membuat dokumentasi hardware miliknya sendiri dengan baik.

Saya yang pekerjaan sehari-hari sebagai tukang service komputer dan bersinggungan secara langsung dengan hardware komputer sebenarnya sudah secara rutin berusaha membuat tulisan beberapa Review Hardware yang sudah support dengan GNU/Linux, namun mengingat hardware dan waktu yang saya miliki sangat terbatas sehingga tidak semua hardware dapat saya review dengan baik. 

Beberapa teman di millis dan forum juga banyak yang request pada saya untuk mereview beberapa hardware lain yang belum saya review. Beberapa minggu lalu kami para pengembang dan pengguna Linux pernah diskusi untuk membuat web khusus yang berisi review hardware support linux seperti terlihat pada gambar dibawah ini
Beberapa tahun lalu pengembang BlankOn Linux sebenarnya sudah membuat halaman khusus di wiki berisi  Daftar Perangkat Keras yang sudah kompatible dengan GNU/Linux, namun lagi-lagi halaman tersebut tidak maksimal karena jarang ada yang mau mengisinya kerena sebagian besar anak-anak muda di Indonesia hanya rajin menulis status galau di media sosial saja.

Dari beberapa pertimbangan yang sudah saya sebutkan diatas maka untuk sementara ini cara paling mudah untuk mengumpulkan data hardware kompatible dengan linux adalah melalui group facebook karena sesuai karakter anak-anak muda di Indonesia yang sering dan suka nulis status di media sosial (jika Anda punya ide yang lebih baik silakan langsung eksekusi saja)..

Di group Facebook Hardware Support GNU/Linux Anda dapat ikut menyumbang data hardware yang sudah kompatibel dengan Linux mlik Anda dengan menulis secara langsung pada List hardware berdasarkan kategori yang sesuai (jika belum ada listnya silakan langsung buat), kelebihan menggunakan metode ini adalah data hardware yang tertulis lebih otentik karena sudah melalui uji coba pemilik harware tersebut secara langsung.

Untuk kemajuan dunia OpenSource di Indonesia (bahkan dunia) saya mewakili group tersebut mengundang Anda semua untuk bergabung di group tersebut sehingga dapat ikut memberikan sedikit sumbangsih secara langsung pada perkembangan OpenSource di Indonesia. 


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Group Facebook Hardware Support GNU/Linux"

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.