Membuat Gambar GIF dengan GIMP


Graphics Interchange Format (GIF) merupakan format grafis yang sering digunakan untuk keperluan desain website. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.
Seperti aplikasi pengolah gambar lainnya, GIMP juga mampu mengekspor gambar menjadi berbagai format termasuk format GIF, berikut adalah tutorial sederhana cara membuat gambar GIF dengan GIMP

Buka Aplikasi GIMP sesuai sistem operasi komputer yang Anda gunakan, kemudian buat halaman baru dengan ukuran 640 x 480.

Buat gambar lingkaran dengan menggunakan Ellips Select Tool, warnai lingkaran tersebut dengan Bucket Fill Tool.

Buat layer baru untuk gambar berikutnya, buat gambar lingkaran pada layer yang baru saja dibuat seperti cara sebelumnya, beri warna yang berbeda

Buat layer baru lagi dan gambar lingkaran lagi dengan warna yang berbeda seperti cara sebelumnya, lakukan berulang hingga terbentuk beberapa gambar.

Setelah semua gambar selesai dibuat ekspor gambar tersebut dengan cara klik File => Export atau tekan tombol Shift+Ctrl+E pada keyboard, pada dialog box yang tampil klik tanda panah kecil menghadap ke kanan (Select File Type (By Extension)), maka secara otomatis muncul menu beberapa format file yang didukung oleh GIMP, pilih GIF image, pada kolom Name beri nama untuk gambar yang akan diekspor, setelah semua pengaturan selesai klik tombol Export.

Lakukan pengaturan yang sesuai pada dialog box Export Image as GIF untuk mengatur gambar GIF yang akan dibuat

Terakhir klik tombol Export untuk menyelesaikan proses pembuatan gambar GIF, di bawah ini adalah contoh gambar GIF dari tutorial ini

Contoh gambar lain dengan bentuk yang agak rumit

Gif Lucu


Demikian tutorial singkat cara membuat gambar GIF dengan GIMP, sampai jumpa tutorial lainnya.

Oh ya, hampir ada yang terlupa, di bawah ini saya sertakan juga video dari tutorial ini



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Gambar GIF dengan GIMP"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.