Membuat Bendera Transparan

Pagi ini saat saya buka facebook tiba-tiba ada notifikasi seperti ini "picture to support France and the people of Paris"


Karena bukan sekali ini saja facebook memberi hadiah notifikasi yang aneh-aneh, maka saya abaikan saja, tapi begitu saya lihat beranda, ternyata teman-teman saya banyak yang foto profilenya berganti dengan gambar  yang  dilapisi pelangi vertical transparan, jangan-jangan ini gerakan mendukung disahkannya undang-undang perkawanian sejenis seperti beberapa waktu lalu, wah..... kalau sampai ini terjadi lagi bisa-bisa slogan kaleh sinten tambah lama lagi.

Ternyata setelah saya perhatikan dengan seksama dan sesingkat-singkatnya, dugaan saya di atas salah besar, hal ini diperkuat dengan googling saya di yahoo dengan kata kunci picture to support France and the people of Paris dengan jawaban yang cukup memuaskan, hal ini tidak perlu saya jelaskan deh, karena inti dari tulisan kali ini bukan membahas masalah tersebut, biarlah media atau situs abal-abal membuat beritanya menjadi heboh dengan hasil translate yang sering keblinger seperti selama ini.

Tulisan ini akan membahas bagaimana cara membuat gambar atau foto kita menjadi transparan dengan dilapisi bendera perancis seperti gambar di atas menggunakan aplikasi grafis OpenSource. Cara paling mudah adalah menggunakan Inskcape atau GIMP, namun pada tulisan kali ini saya buat tutorialnya menggunakan Inkscape, mudah-mudahan suatu saat saya punya waktu untuk membuat tutorial versi GIMP 

Pertama siapkan gambar yang akan dilapisi bendera (pelangi) transparan, kemudian buka dengan Inkscape (bisa menggunakan teknik import atau open).

Langkah selanjutnya adalah; cari contoh bendera prancis, cara termudah adalah ambil di wikipedia, masukkan gambar bendera tersebut ke halaman Inkscape yang sudah ada foto kita tadi.

Ubah ukuran gambar agar sama dengan ukuran foto atau gambar kita, cara termudah untuk mengatur agar kedua gambar tersebut sama adalah dengan menyamakan nilai di kotak isian W & H pada Tool Control


Buat object persegi panjang dengan Rectangles Tool, atur agar ukuran object persegi panjang sama dengan ukuran bendera prancis

Tumpuk gambar gambar bendera dengan kotak persegi panjang tersebut dengan posisi yang sama persis, untuk memudahkan proses penumpukan dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Align and Distribute.

Sekarang kita ubah gambar bendera menjadi transparan, cara termudah untuk melakukannya adalah menggunakan fitur Mask, caranya; seleksi kedua gambar (bendera dan persegi panjang), klik Object => Mask => Set.

Maka secara otomatis gambar persegi panjang akan hilang dan gambar bendera berubah menajdi transparan, selanjutnya tumpuk gambar bendera yang sudah berubah transparan tersebut ke atas foto kita, terakhir simpan dan ekspor gambar tersebut, di bawah ini adalah contoh hasilnya.

Di bawah ini adalah foto dengan gambar transparan bendera negara kita yaitu Merah Putih


Karena beberapa teman masih ada yang bingung ngikuti tutorial di atas maka saya buatkan juga versi videonya di youtube



Demikian Tutorial singkat yang dapat saya tulis kali ini, sampai jumpa pada tutorial lainnya.

UPDATE
Di bawah ini adalah video tutorial versi GIMP

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Bendera Transparan"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.