Ekstrakurikuler Desain Grafis #3


Tanggal 05 Oktober 2016 adalah pertemuan ketiga kegiatan Ekstrakurikuler Desain Grafis dengan Inkscape di SMP N 1 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Kegiatan kali ini diikuti oleh 6 (enam) orang peserta murid kelas VII (5 peserta putri dan 1 peserta putra).

Pada pertemuan kali ini materi utamanya adalah praktek mengenai Multiple Object Operations pada Inkscape, materi tersebut berdasarkan Bab 8 buku Inkscape yang sudah penulis terbitkan.

Materi ini membahas beberapa konsep dasar editing dalam penggunaan inkscape, pembahasan meliputi cara membatalkan dan mengulangi perubahan (undo/rendo), cara menyalin, memindah, dan menempelkan object, serta duplikasi dan kloning object. Kerena keterbatasan waktu, penulis berusaha menjelaskan materi secara sederhana dan seringkas mungkin mengingat konsep edit pada inkscape hampir sama pada aplikasi grafis lain.

Berikut garis besar dari materi pada pertemauan kali ini
  • Mengenal Undo dan Redo
  • Mengenal Undo History
  • Mengenal konsep dan teknik Copy, Cut, dan Paste
  • Mengenal konsep Duplicate dengan penjelasan ringkas berupa perbedaan antara teknik copy-paste dengan Duplicate
  • Mengenal konsep Clone di Inkscape, dalam materi ini dijelaskan pula bahwa Clone memilik beberapa fitur penting lain yaitu; Create Clone, Create Tiled Clones, Unlink Clone, Relink to Copied, dan Select Original.
Adapun teknik dalam Ekstrakurikuler kali ini seperti pada pelajaran komputer lain, yaitu pengajar menjelaskan secara singkat sambil praktek sesuai materi yang diajarkan, kemudian peserta mengikutinya.

Pada pertemuan kali ini penulis menjelaskan beberapa cara agar mengedit dan mengolah gambar lebih cepat, misalnya untuk menggandakan object dengan jumlah yang banyak dapat menggunakan fitur Create Tiled Clones daripa menggunakan fitur Copy atau Duplicate

Penulis mengajarkan beberapa trik yang berkaitan dengan konsep pada Multiple Object Operations, salah satunya adalah trik membuat object melingkar dengan jarak yang sama, materi trik ini dapat Anda lihat berupa video di Youtube yang pernah penulis buat.

Trik lainnya yang diajarkan adalah Cara Menyusun Gambar Bintang Menjadi Bentuk Spiral seperti gambar di bawah ini

Demikian dokumentasi singkat kegiatan Ekstrakurikuler di SMP N 1 Semarang tanggal  05 Oktober 2016, kegiatan ini rutin dilakukan seminggu sekali dalam rangka menuju penggunaan aplikasi Legal khususnya aplikasi Open Source dalam dunia pendidikan, semoga beberapa lembaga pendidikan lain ada yang  mau mengikutinya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ekstrakurikuler Desain Grafis #3"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.