Install Printer Epson TMU220D BlankOn XI Uluwatu

Beberapa bulan lalu penulis menjual beberapa printer Dot Matrix  Epson TMU220D (printer kasir). Salah seorang pembelinya adalah pengguna GNU/Linux yaitu BlankOn Linux. Beliau adalah pelanggan lama penulis yang sama-sama pengguna aplikasi Open Source. Di kantor beliau menggunakan BlankOn 8 Rote untuk menjalankan printer kasir.

Nah, beliau beli printer lagi untuk kantor cabang barunya, di cabang barunya tersebut mulai menggunakan BlankOn XI Uluwatu.
Permasalahannya adalah pada BlankOn XI Uluwatu tidak menyediakan lagi driver untuk Dot Matrix  Epson TMU220D secara baku, tidak seperti pada BlankOn 8 Rote di kantor lamanya.

Berikut ini adalah reka ulang yang saya lakukan untuk menginstall printer tersebut.

Satu:
Klik Menu Utama BlankOn => Administrasi => Print Setting
Dua
Pada jendela pengaturan printer yang tampil klik Buka Kunci agar bisa menambahkan printer baru, ketik sandi root komputer, kemudian klik Otentikasi.


Tiga
Klik Add untuk menambahkan printer baru, pada kotak Pilih Perangkat yang tampil pilih Unknown => USB, klik Forwad untuk melanjutkan ke langkah berikutnya

Empat
Pilih Epson, kemudian klik Forwad untuk melanjutkan ke langkah berikutnya

Lima
Ternyata pada daftar driver printer untuk Epson TMU220D tidak tersedia secara baku pada BlankOn XI Uluwatu.
Karena driver Epson TMU220D belum tersedia secara baku, maka harus ditambahkan sendiri, untuk sementara tunda dulu proses penambahan printer baru dengan klik tombol Batal.

Unduh Driver
Langkah selanjutnya adalah mencari drivernya dari situs resmi Epson, atau jika tidak ingin repot silakan unduh dari GDrive ini.

Ekstrak Berkas
Setelah driver printer berhasil Anda unduh, ekstrak berkas driver tersebut, caranya; klik kanan => Ekstrak Di Sini

Ubah Hak Akses
Sekarang ubah hak akses berkas driver printer, caranya seperti berikut; klik dua kali folder hasil ekstrak, pilih berkas install.sh => klik kanan => Properti => pilih tab Hak Akses, kemudian beri tanda centang pada kotak Eksekusi berkas sebagai program.

Install berkas .sh
Install berkas .sh yang sudah diubah aksesnya tadi, cara termudah adalah dengan menggunakan terminal, bisa dengan mengetik perintah tertentu yang sesuai, namun cara termudah adalah dengan membuka berkas .sh tersebut secara langsung lewat terminal.

Berikut caranya; klik berkas install.sh, kemudian seret ke dalam terminal, setelah itu lepaskan.

Tekan tombol Enter untuk melaksanakan eksekusi berkas .sh, ketik sandi root komputer yang sedang digunakan

Maka proses eksekusi berkas .sh melalui terminal segera berlangsung, pilih sesuai sistem operasi yang sedang digunakan, untuk BlankOn XI Uluwatu pilih Ubuntu 9.04 x86_64(64Bit), maka ketik angka 10, tekan tombol Enter untuk melanjutkan proses install driver.

Tunggu proses pemasangan driver hingga selesai, tekan tombol Enter untuk mengakhiri proses pemasangan driver.

Jika semua proses install driver sudah selesai, tutup terminal.

Sekarang tambahkan printer caranya seperti pada langkah Satu sampai Tiga. Nah, pada langkah Tiga ini jika proses install driver yang telah dilakukan sebelumnya benar, maka muncul menu EPSON TM/BA Printer, pilih menu tersebut, kemudian klik Forward untuk melanjutkan ke langkah berikutnya

Pilih Epson, kemudian klik Forwad, maka pada database pilihan printer bertambah tiga pilihan, yaitu TM BA Thermal, TM Impact Receipt, dan TM Slip, pilih yang TM Impact Receipt, klik Forward.
Maka segera muncul jendela berisi ringkasan printer yang sudah berhasil ditambahkan, klik Apply untuk menyelesaikan penambahan printer pada komputer.

Beberapa saat kemudian tampil jendela berisi pilihan apakah Anda mau mencoba printer yang telah ditambahkan atau tidak, pilih Batal jika tidak ingin mencobanya.

Sekarang printer Epson TMU220D sudah dapat digunakan pada BlankOn XI Uluwatu.
Di bawah ini contoh hasil uji coba untuk melakukan pencetakan nota penjualan menggunakan printer Epson TMU220D.

Demikian tutorial cara menginstall printer  Epson TMU220D pada BlankOn XI Uluwatu, sampai jumpa pada Tutorial lainnya.
-

Semarang, 12 September 2018

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Install Printer Epson TMU220D BlankOn XI Uluwatu"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.