Permainan Baru di GCompris bagian 1 (Keyboard Bayi)

Awal bulan Oktober 2020 lalu penulis membaca pengumuman di Millis GCompris bahwa tim pengembang akan merilis GCompris V 1.0 pada tanggal 17 November 2020. Dengan adanya rencana rilis tersebut maka Server GCompris akan dibekukan pada tanggal 15 s/d 17 November 2020.

Dengan adanya pengumuman tersebut maka Tim Penerjemah GCompris Indonesia bergerak secara cepat melakukan diskusi melalui Telegram.

Nah di sini ternyata saya salah baca atau memahami tanggal dan bulan.


Yang seharus tanggal tanggal 15 November saya bacanya 15 September.

Pada rilis GCompris V 1,0 ini terdapat perubahan dan perbaikan pada beberapa permaianan, contohnya adalah permianan Jelajahi Peternakan Hewan, Permianan Catur, Menghitung Benda, Pengelompokan. dan lain-lain.

 

Selain itu terdapat juga beberapa permaian baru pada GCompris V1.0, yaitu: Keyboar Bayi, Listrik Analog, Labirin Pemrograman, Belajar Digit, Belajar Pengurangan,dan Belajar Penambahan.


Pada post kali ini penulis membahas permianan bernama Keyboard bayi, sedangkan permainan baru lainnya akan penulis bahas pada post berikutnya


Terjemahan pada judul permainan ini masih keliru, yang lebih tepat adalah Keyboard anak.
Tapi bisa dimaklumi karena tim penerjemah melakukan penerjemahan secara langsung dari judul aslinya yaitu Baby keyboard.



Permainan ini bertujuan sebagai sarana belajar memahami berbagai tombol pada keyboard sekaligus pengenalan huruf dan angka untuk anak-anak pada usia dini.

Cara memainkannya adalah Tekan tombol apa pun pada keyboard sesuai keinginan.
Maka Huruf, angka, atau karakter muncul di layar sesuai tombol yang ditekan tersebut.

Jika yang ditekan tombol berupa huruf dan angka maka keluar suara  sesuai tombol yang ditekan.
Jika yang ditekan tombol selain huruf dan angka maka suaranya hanya bleep.


Rencananya permainan ini akan penulis masukkan pada Buku Belajar Komputer Dasar tingkat 0 Tema 3 yang sedang penulis kerjakan, atau bisa jadi dimasukkan ke tema 1 atau 2 edisi revisi.

Untuk yang tertarik dengan buku yang penulis rilis dapat mengunjungi tautan berikut => Unduh Buku Digital Gratis



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Permainan Baru di GCompris bagian 1 (Keyboard Bayi)"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.