Mengatur Waktu Presentasi

Tanggal 7-8 Oktober 2023 mendatang di Indonesia, khususnya di Surakarta Jawa Tengah akan diadakan konferensi Open Source besar untuk Asia yaitu Louca23 atau LibreOffice Conf. Asia dan Ubuncon Asia 2023.

Info tentang Louca23 silakan langsung ke halaman berikut: https://louca.id/

Beberapa bulan sebelumnya saya mengirim proposal untuk jadi pembicara, dan puji syukur, seperti acara Open Source lain sebelum-sebelumnya juga banyak yang diterima.
Adapun materi saya berjudul: Explore the features of LibreOffice Impress, dengan Lightning Talk 10 Menit.

Dengan batas waktu yang singkat tersebut pembicara harus bisa mengatur waktu dengan tepat, salah satu fitur yang bisa digunakan untuk mengtur waktu ketika presentasi tentu saja tersedia di LibreOffice Impress.
Biasanya di acara seperti ini ada salah seorang dari panitia yang bertugas memantau durasi presentasi dengan memegang kertas yang ditunjukkan ke pemateri berupa kertas berisi angka yang cukup besar, misalnya angka 5 atau 3, itu artinya waktu untuk pemateri tinggal 5 atau 3 menit.
Beberapa kali ketika saya mendapatkan peringatan tersebut cuek saja karena presentasi sudah saya atur sesuai durasi saya, biasanya kalau jatahnya 10 menit sudah saya atur 9 menit, jadi ada toleransi 1 menit.

Fitur Berlatih Waktu
Digunakan untuk mengatur jeda waktu perpindahan salindia satu dengan salindia lainnya ketika presentasi.
Anda bisa mengatur tiap salindia untuk tampil dengan waktu berbeda-beda, misalnya salindia dengan materi yang sedikit bisa menggunakan waktu 30 s/d 45 detik, sedangkan salindia dengan materi yang banyak bisa menggunakan waktu 60 s/d 90 detik.
 
Berikut ini adalah tutorial singkat cara mengatur waktu di LibreOffice Impress
  • Buka berkas presentasi yang telah Anda buat sebelumnya
  • Pilih tab Tampilkan Salindia, klik ikon Berlatih Waktu
 
 
Maka salindia berubah ke mode layar penuh disertai pengatur waktu yang muncul di sudut kiri bawah layar.

  • Tunggu beberapa saat sehingga durasi waktu berjalan sesuai keinginan (misalnya 10 detik).
  • Klik pengatur waktu untuk berpindah ke salindia berikutnya. Lakukan cara yang sama untuk mengatur durasi waktu pada semua salindia sesuai jatah waktu Anda
Misalnya Anda punya jatah waktu presentasi 10 menit dan telah membuat 15 salindia, aturlah salindia 1: 60 detik, salindia 2: 120 detik, salindia 3: 90 detik dan seterusnya, sesuaikan dengan teks dan tema materi Anda pada setiap salindianya.
  • Tekan tombol Esc, atau klik pada salindia untuk keluar dari mode Berlatih Waktu.
  • Simpan presentasi yang telah diatur durasinya, 
  • Sekarang cobalah lakukan presentasi atau masuk ke layar penuh dengan klik ikon Mulai Dari Salindia Pertama pada tab Tampilkan Salindia, cara lainya adalah tekan tombol F5.
Maka ketika melakukan presentasi, salindia berpindah secara otomatis ke salindia lain sesuai durasi waktu yang Anda buat.

Demikian tutorial singkat ini saya buat dengan mengambil beberapa salindia dari berkas sebanyak kurang lebih 500 salindia yang akan saya bagikan pada acara LOCA23 di Surakarta tanggal 7-8 Oktober mendatang secara gratis.
Bagi yang ingin memiliki berkas tersebut tapi belum registrasi, segeralah lakukan sebelum regestrasi ditutup oleh panitia.

 

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatur Waktu Presentasi"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.