Blankonf#3

Tentang BlanKonf

BlanKonf adalah konferensi tahunan yang diadakan pengembang, pengguna, dan pemasar sistem operasi Linux BlankOn. Konferensi ini meliputi penyajian presentasi, diskusi dan kegiatan teknis seputar pengembangan, penggunaan dan pemasaran Linux BlankOn.
Info lengkap mengenai BlanKonf silahkan klik disini



Beberapa peristiwa penting dalam persiapan BlanKonf #3
Jum'at jam 13.00 kami dari Panitia Penyelengara Balnkonf #3 di Semarang mulai ngumpul untuk melakukan persiapan demi kelancaran acara tersebut, saya bareng ketua Panitia Muhammad Abdul Majid menuju lokasi ternyata di Lokasi pak Aftian sama pak Astrojim sudah menunggu di sekitar Lokasi, karena sebelumnya kita belum pernah ketemu,  terpaksa nyarinya ala BIN teknik yang digunakan seperti biasa Majid telp pak Aftian, beliau katanya sudah menunggu diserambi Utara Masjid karena saya sama majid juga kurang begitu hapal lokasi Udinus jadi kami sempat salah jalan yang tadinya posisi di barat masjid harusnya langsung ke utara malah salah ke arah selatan jadi terpaksa muter dulu ke barat baru sampai di utara, disini pun  kita tidak langsung bisa ketemu dan harus nyari dulu, akhirnya pakai jurus seperti diatas majid telepone lagi dan saya mengawasi siapa yang ngakat telpon tersebut akhitrnya ketemu deh, kejadian selanjutnya seperti biasa kita saling Memperkenalkan diri masing-masing dan bersalaman terus ngobrol-ngobrol biasalah, tidak bererapa lama kemudian temen-temen anggota Panitia lainnya mulai berdatangan, setelah ngobrol-ngobrol sebentar rombongan kita dipecah lagi untuk melaksanakan tugas masing-masing, karena Pak Aftian sama pak Astrojim bukan asli Semarang saja dapat tugas jadi pemandu jalan (Guide istilah bahasa penjajahnya) untuk beliu berdua, acara pertama kita bertiga mencari makanan khas semarang, berhubung hari Jum'at jam segitu sebagian warung makanan sudah pada tutup, kami masuk warung pertama didepan gerbang Udinus mau pesen Pecel ternyata sudah habis, jalan lagi ( maaf bagian ini saya lanjutkan kalau sudah ada waktu lagi saja).

Di bawah ini beberapa Foto yang sempat diabadikan pak Astrojim, karena waktu itu tidak ada yang bawa kamera ambil gambarnya pakai Laptop pak Astrojim dengan memanfatkan Webcame.
Foto Majid sedang mencoba ukuraran Backdrop (kaos putih) Pak Aftian (orange) dan pak Astrojim mengawasi dari belakang.

Pak Aftian sedang memamerkan Sticker PPBS  untuk dibagikan besok pada hari H.

Kalau ini kru dari Udinus (TVKU) namanya saya tidak tahu karena tidak sempat kenalan, sedang memasang Peralatan (Proyektor LCD) untuk persentasi.

Ini foto saya sedang serius motong-motong Sticker PPBS yang dibawa pak Aftian (akhirnya saya nongol juga dalam foto)

Teman-teman Anggota Panitia sedang memasnag Backdrop (itu yang pakai topi putih ketua KLISSE lho) yang  sebelah kanan Mas Mustofa, kaos puti Majid, yang 2 orang itu saya lupa namanya.
Pemasangn Backdrop sudah selesai.

Setelah ini kami melakuakan penataan ruangan menyusun Kursi tambahan untuk peserta yang bawa Laptop, tapi sayang bagian ini lupa tidak di foto karena waktunya sudah mepet dan harus mengerjakan tugas lainnya.
ini Foto bareng setelah selesai pengaturan ruangan.

Setelah selesai melakukan persiapan dilantai 3 kita turun ke lantai satu karena tempat tersebut mau dipakai sama Pihak Kampus untuk acara BK, saya sendiri kurang tahu itu acara apa, pokonya dari pihak kampus ada acara BK gitu deh bilangnya.

Foto Ketua KLISSE melakukan pengarahan kepada anggota Panitia untuk acara besok.
Kita ngobrol-ngobrol dilantai 1 sambil nunggu teman yang lainnya datang, pertama yang datang Pak Ainul Hakim bareng pak Tabah Awiyanto, seperti biasa kita berjabat tangan kembali sambil memperkenalkan diri masing-masing (padahal memang sudah kenal dan sering ketemu), kita ngobrol-ngobrol beberapa hal mengenai BlankOn Dekstop apa dan bagaiman permasalahannya, tidak beberapa lama mas Fitra datang seperti kejadian diatas kita seperti biasa kita berjabat tangan kembali sambil memperkenalkan diri masing-masing. (maaf, kejadian selanjutnya saya ceritakan kapan-kapan ya)



Hari pertama BlanKonf#3 tanggal 23 Juli 2011
Jam 07.00 kami mulai melakukan persiapan untuk lancarnya acara tersebut, yaitu melakukan pengecekan gedung, sounsystem, LIstrik, Internet, merapikan kursi, dll.


Peserta sedang melakukan pendaftaran

Peserta mencari nama dan datanya karena sebelumnya sudah mendaftar secara online


Dibawah ini sebagian dari gambar yang pada Hari Pertama (1) dalam acara BlanKonf #3, untuk penjelasan dari gambar tersebut masih sederhana dan belum lengkap, karena masih adanya keterbatasan waktu untuk menulisnya.


Sambutan kominfo, diwakili pak Bambang Heru, dalam konferensi linux blankon #3, 23 juli 2011, UDINUS semarang. beliau juga menyinggung tetang akan adanya Rancangan Undang-undang Cyber Crime atau kejahatan dunia maya.


Sambutan dari perwakilan Walikota Semarang (saya tidak tahu namanya), yang sangat mendukung adanya acara ini


Sambutan dari Perwakilan UDINUS, dalam sambutan ini beliau menjelaskan bahwa di UDINUS juga sudah lama memiliki Komunitas Open Source yang bernama DOSCOM, dan sudah beberapa kali merilis distro Racikannya yang diberi nama  TeaLinuxOS dengan slogan "Nikmatnya Sebuah Racikan" sampai saat ini TeaLinuxOS sudah rilis tiga kali.


Sebelum acara BlanKonf #3 dimulai terlebih dahulu disuguhkan tarian dari Jawa Tengah yaitu Tari Gambang Semarang yang dibawakan oleh salah seorang yang masih Mahasiswi (saya belum tahu data lengkapnya)
Kesenian Gambang Seamrang merupakan perpaduan antara tari dengan diiringi alat musik dari bilah-bilah kayu dan gamelan jawa yang biasa disebut “Gambang” . Muncul pada event-event tertentu : Festival Dugderan, Festifal Jajan Pasar. Gambang Semarang telah ada sejak tahun 1930 dengan bentuk paguyuban yang anggotanya terdiri dari pribumi dan peranakan Cina dengan mengambil tempat pertunjukan di gedung Pertemuan Bian Hian Tiong di Gang Pinggir. Jenis alat musik yang dipakai adalah kendang, bonang, kempul, gong, suling, kecrek, gambang serta alat musik gesek (konghayan/tohyan/biola). Disamping musik ada penari dan penyanyi/vokalis.

Pak Utian menjelaskan BlankOn yg bisa digunakan sebagai firewall atau dinding api untuk jaringan dan tentu saja diterangkan beberarap kelebihannya jika dipasang pada BlankOn Linux. yang membuat peserta sering tertawa dan tersenyum beliau menyebut kalau Developer BlankOn itu orang-orangnya KEREN,  sebelum beliau menjadi Developer BlankOn katanya culun, rambut gondrong dan sebagainya, setelah bergabung ke Developer BlanKon menjadi Keren, jadi jika ingin menjadi keren ya silahkan saja gabung jadi Developer BlankOn sesuai kemampuan Anda.

Pak Aji Kisworo Mukti menjelaskan keamanan fisik dalam seminar keamanan informasi dan konferensi BlankOn di UDINUS Semarang 23 juli 2011, yang membuat orang sering tertawa dalam sesi ini adalah Beliau sering menyebut Istilah baru dengan bahasa Jawa atau bahasa Gaul.

Pak Kaka menjelaskan salah satu kegiatan untuk menguji celah keamanan, penetration testing (apa ya terjemahannya?)


Pak Agus Purnomo (berdiri) sebagai moderator seminar keamanan, Beliau adalah Pendekar BlanKon sejati karena sudah berhasil membetuk dua Komunitas Linux BlankOn di Jawa Timur yaitu : Paguyuban Pengguna BlankOn Surabaya dan Paguyuban Pengguna BlankOn malang.


Pak Arman  Satari dari IGOS Center Makassar menjelaskan ssh dan tool keamanan lainnya, tema persentasi "Kontrol Server BlankOn dari Warung Kopi"
Pak Ahmad Haris, dari Manajer TI PT. Bintang Samudra Utama, beliau menunjukkan Linux BlankOn-nya yang dapat dijadikan server email dengan Zimbra Collaboration Suite.
Pak Dian Prawra dari MTI UGM dari presentasi BlankOn untuk membuat animasi, termasuk rendering, dengan blender.

Cahaya, siswa SMA kelas 1 atau X dari Surabaya, ditemani Yoza dari ITS yg duduk di pojok, sedang presentasi tentang komunitas PPBS, Paguyuban Pengguna BlankOn Surabaya.

Foto Bersama dengan teman-teman Paguyuban Pengguna BlankOn Surabaya setelah Hari pertama selesai (nama-nama dalam Foto tersebut saya gak hapal)

Foto lainnya pada acara BlanKonf#3 hari Pertama dapat Anda lihat disini


Hari Kedua BlanKonf#3 tanggal 24 Juli 2011
Sekitar jam 7.00 Panitia mulai megadakan persiapan untuk kegiatannya yaitu melakukan pengecekan gedung, sounsystem, LIstrik, Internet, kemudian melakukan Daftara ulang Peserta hari kedua (sayang pada moment ini lupa tidak ada yang mengambil gambar).



Diskusi: "BlankOn, Mau Dibawa Ke Mana?", Rahman Yusri Aftian, Manajer Rilis BlankOn, Akhmat Safrudin, Manajer Proyek BlankOn, Sesi ini menjelaskan tantang Apa yang sudah di capai dengan Proyek BlankOn, produk apa saja yang sudah dihasilkan, dan proyek yang belum tercapai.


Karena saya tidak menemukan foto Pak Rahman Yusri Aftian, saya pasang saja Foto Pak Aftian yang lagi ngobrol dengan pak Haris

Kegiatan Juli 2010 - Juli 2011
  • Pesantren TIK Depok 3x
  • Lokakarya Luring Kesenian Bogor
  • ToT Riau dan Instalasi 3000-an PC
  • Seminar AMIK Bandung
  • Loka karya pemaketan untuk Linux Blankon KLAS
  • Acara Talkshow DBL Arena oleh Komputer komputek
  • Acara Talkshowi Bg Junction mall
  • BlankOn di ILC 2010 Oktober 2010
  • BlankOn di Compfest UI 2011
  • Lokakarya Daring BlankOn
  • Lokakarya Luring
  • BlankOn di Universitas Bakrie
  • Liputan MetroTV E-Lifestyle BlankOn Sajadah di Sekolah Islam Terpadu NF
  • UKMF ITC Brings BlankonLinux to SMA Assa’adah Gresik
  • BlankOn berpartisipasi dalam APICTA 2010
  • Komunitas BlankOn: Surabaya, Malang, Semarang
Produk
  • BlankOn Sajadah 6.1
  • BlankOn Ombilin 6.1
  • Pabrik Paket baru
  • Mesin Alynne 2011

Yang belum tercapai:
  • Kopdar cara memoderasi milis.
  • SOP Mitra BlankOn perlu dibahas. Sejauh ini mitra 4 perusahaan
  • Purwarupa Srimubil
  • Komunitas BlankOn menyusul: Bekasi, Depok, dan Bogor

Karena saya tidak menemukan foto Rahman Yusri Aftian dan pak Akhmat Safrudin, saya pasang saja foto Pak Akhmat Safrudin yang sedang memberikan hadiah Doorprize untuk Ketua KPLI rembang.

Presentasi V: "Srimubil: Racikan BlankOn untuk Perangkat Bergerak", Dwi Sasongko Supriyadi, Bootstrap Engineer di Lesure Coding
Srimubil adalah racikan BlankOn untuk digunakan pada komputer-komputer jinjing yang berukuran kecil (sering dikenal dengan istilah Netbook) dari beragam arsitektur prosesor.

Tujuan: Jalankan BlankOn di atas perangkat bergerak:  Netbook, Tablet, Mobile, Robot dan Embedded System. Info mengenai Srimubil dapat Anda lihat disini

Foto Pak Dwi Sasongko Supriyadi belum saya dapatkan, bagi yang memilikinya harap mengirimkannya ke saya
Presentasi VI: "Dukungan dan Bisnis BlankOn Lebih Dekat", Ainul Hakim, Dosen IT LP3I Semarang
Adapun inti dari Presentasi ini adalah:
  • Proyek BlankOn Linux
  • Dukungan BlankOn
  • Bentuk Dukungan
  • Bisakah Berbisnis dengan BlankOn?
  • Pembangun Sistem Linux BlankOn
  • Penyedia Software Linux BlankOn
  • Penjual Hardware Linux BlankOn
  • Mitra BlankOn

Foto Pak Ainul Hakim Saat Presentasi

Presentasi VII: "Irgsh: Pabrik Paket BlankOn", Fajran Iman Rusadi, Scientific Programmer di University of Amsterdam (Telekonferensi Amsterdam, Belanda)
Foto Pak Fajran Iman Rusadi belum saya dapatkan, bagi yang memilikinya harap mengirimkannya ke saya
Presentasi VIII: "Komunitas Linux dan FOSS Semarang", Krida Pandu Gunata, KPLI Semarang
Latar belakang didirikannya KLISSE:
  • Latar belakang didirikannya KLISSE adalah sebagai berikut:
  • Kebutuhan Informasi dan Saling Sharing Seputar F/OSS bagi sesama pengguna Linux, terutama bagi yang masih baru (Newbie) untuk daerah semarang
  • Sebagai tempat menyatukan ide dan mengorganisisir segala kegiatan dalam rangka mensosialisasikan penggunaan dan pemanfaatan F/OSS Di Semarang pada khususnya

Foto Krida Pandu Gunata Saat Presentasi

Penutupan BlanKonf #3, Rusmanto Maryanto, Pimpinan Redaksi Majalah InfoLINUX / YPLI
Foto Rusmanto Saat Presentasi

Foto Bersama setelah hari kedua selesai

Foto Pembagian Sertifikat untuk peserta

Foto lainnya pada acara BlanKonf#3 hari kedua dapat Anda lihat disini


Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Blankonf#3"

  1. fotoku yang salaman bersama "aha" sama pak bambang nda ada ya...?

    ReplyDelete
  2. wah.... saya gak punya.... coba nunggu temen-temen uaplod fotonya dulu

    ReplyDelete
  3. makasih informasinya, saya jadi tambah semangat deh ..
    .
    metland tambun

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.