Misi Proyek BlankOn

Jika dipostingan saya beberapa minggu yang lalu dengan judul Persembahan dari Anak Negeri di Hari Kemerdekaan, membahas rilis dari Distro tersebut, maka pada postingan kali ini saya berusaha menyampaikan apa itu misi dari proyek BlankOn yang saya ambil dari: http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Misi

Proyek BlankOn bertujuan untuk mengembangkan ekosistem baru dalam konteks perangkat lunak bebas dan terbuka. Pengembangan dilakukan dengan cara meningkatkan kecakapan sumber daya lokal sehingga mampu dan kompeten di dalam pengembangan perangkat lunak bebas dan terbuka, mulai dari yang teknis seperti pengembangan aplikasi dan distribusi Linux, hingga hal-hal non-teknis seperti kepemimpinan dan kemampuan membangun komunitas hingga solusi komersial berbasis BlankOn.
Ekosistem yang diharapkan tercipta adalah kumpulan perorangan, entitas pendidikan, perusahaan, dan organisasi baik nirlaba, komersial maupun pemerintahan, yang menggunakan BlankOn sebagai landasan dalam melakukan kegiatannya. Di sini, terdapat orang-orang yang semula berjiwa konsumtif namun setelah terjun dan terlibat dalam ekosistem, menjadi orang-orang yang berjiwa produsen dan inovatif. Dalam ekosistem, orang-orang dirangsang untuk menghasilkan, apa pun bentuknya, mulai dari kode, pemikiran-pemikiran, karya seni, hingga kegiatan-kegiatan bisnis yang menguntungkan.
Ekosistem yang tercipta diharapkan akan menghasilkan beragam produk dan hasil karya, dan menjadi  mesin perpetual yang kembali memberi manfaat ke proyek BlankOn dalam bentuk dana, masukan-masukan, dan tenaga.
Distribusi Linux BlankOn dijadikan ajang latihan untuk mencapai cita-cita ini. Dalam kegiatan pengembangan, diasah beragam keterampilan teknis dan non-teknis, mulai dari perancangan hingga proses produksi, mulai dari penulisan kode hingga pembangunan komunitas. Kegiatan dilakukan dengan sistem perekrutan dan mentoring berantai, artinya, orang yang direkrut dan dilatih hari ini besok diharapkan dapat merekrut dan melatih orang yang baru.
Misi yang tercantum di sini mungkin dapat dianggap terlalu bombastis dan merindukan bulan. Tapi inilah cita-cita yang hendak dicapai, berapa lama pun waktu yang perlu dihabiskan.

Proses transformasi Blank menjadi On
Saat ini mental kebanyakan dari kita adalah mental pembeli dan pengguna. Pasar dalam negeri dipenuhi barang-barang dan produksi luar negeri.
BlankOn ingin berpartisipasi dalam mengubah mental tersebut menjadi mental produsen dan penghasil. Ekosistem yang dicita-citakan merupakan sarana untuk mencapai transformasi ini.

Daftar Singkat Indikator Keberhasilan
Berikut adalah beberapa contoh hal-hal yang menjadi indikator keberhasilan misi proyek ini. Tidak perlu semua contoh di bawah tercapai, bila ada 2-3 contoh di bawah yang terealisasi, maka proyek BlankOn sudah dapat dikatakan cukup membawa perubahan baru di Indonesia.

  • Saya pelajar di tempat terpencil, saya mengakses materi wikipedia secara luring dengan menggunakan komputer murah ber-BlankOn
  • Saya penyandang cacat tuna netra, saya menggunakan komputer BlankOn untuk mengakses Internet
  • Saya korban bencana alam, saya berkomunikasi menggunakan sistem telekomunikasi darurat yang ditenagai oleh BlankOn
  • Saya petani, saya menggunakan solusi pengairan yang diatur menggunakan sistem BlankOn
  • Saya pemilik studio desain grafis dan animasi, semua perangkat lunak yang digunakan di studio saya merupakan perangkat lunak bebas dan terbuka, salah satunya adalah BlankOn.
  • Saya pengusaha di bidang telekomunikasi, saya menjual telepon genggam yang beberapa komponen perangkat lunak di dalamnya dikembangkan oleh BlankOn
  • Saya gubernur di salah satu provinsi di Sumatra, saya menginstruksikan penggunaan bahasa dan aksara asli untuk komunikasi resmi. Kami gunakan BlankOn untuk melaksanakan hal itu
  • Saya seorang jendral, sistem komunikasi tempur pasukan saya dikembangkan bersama-sama Tim BlankOn
  • Saya presiden, saya menginstruksikan penggunaan perangkat lunak bebas terbuka dan penggunaan data dengan format terbuka di seluruh jajaran pemerintahan saya
  • Saya pengusaha dari Vietnam, saya menggunakan aplikasi yang saya kembangkan bersama Tim BlankOn untuk meningkatkan efisiensi di perusahaan.
  • Saya pengusaha komputer di Malaysia, saya menjual komputer saya dengan sistem operasi BlankOn di dalamnya
  • Saya milioner asal Afrika Selatan, di dalam distribusi Linux buatan saya, terdapat program yang awalnya dikembangkan di BlankOn.


Selain misi yang tertulis diatas masih banyak lagi kegiatan Sosial lainnya dari para pengambang BlankOn, dan tentunya kita sebagai warga Negara yang baik haruslah menghargai dan berusaha membantu para pengembang Distro Anak Negeri ini, dan yang lebih penting lagi jika kita mau bergabung dengan para pengembang BlankOn tidak akan ada ruginya, maka dari itu untuk Anda yang peduli dengan Negeri ini segeralah bergabung ke Developer BlankOn sesuai kemampuan yang Anda Miliki.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Misi Proyek BlankOn"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.