Release BlankOn Sajadah


Setelah pada tanggal 17 Agustus yang lalu, bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 66, Tim Pengembang BlankOn memperesembahkan Distro Anak Negeri yaitu BlankOn 7.0 Pattimura yang bisa Anda lihat disini, hari ini Tim Pengembang BlankOn memperesembahkan satu Distro turunannya yaitu BlankOn Sajadah 7.0 yang mana distro ini sebagai hadiah untuk bulan Ramadhan, walaupun agak terlambat rilisnya, atau mungkin lebih tepat jika kita menyebutnya sebagai hadiah menjelang Idul Fitri 1432 H.

Pada hari ini Tim Pengembang BlankOn dengan mengucapkan syukur kepada Alloh, mengumumkan terbitnya BlankOn Sajadah 7.0, yaitu varian/racikan dari BlankOn Linux 7.0 Pattimura yang ditambahkan konten dan aplikasi Islami. Seperti biasa, fitur BlankOn rata-rata menggunakan teknologi terbaru Linux, termasuk kernel Linux 3.0.1-2 dan lingkungan desktop GNOME 2.32.1. yang dimodifikasi dengan BlankOn Panel.

BlankOn Sajadah didukung perangkat lunak hiburan yang siap langsung pakai tanpa memasang codec multimedia tambahan, dukungan akses Internet dengan yang sangat ringan untuk menjelajah web serta komunikasi pesan instan dan jejaring sosial, juga fitur-fitur perkantoran. Selain itu, di BlankOn Sajadah 7.0 juga menyediakan fitur-fitur olah grafis vektor dan bitmap serta album foto digital, dan tentunya aplikasi Islami seperti Al Quran, Hadist,

Pengingat Sholat dan Filtering Konten Negatif.
“BlankOn Sajadah 7.0 adalah versi varian BlankOn 7 yang dibangun dengan kelengkapan konten Islami dan sebagai alat yang ingin belajar Islam lewat teknologi Komputer. Seiring dengan rilis di penghujung bulan Ramadhan maka BlankOn Sajadah diharapkan bisa menjadi titik tolak untuk BerHijrah kearah yang lebih baik dengan memilih Sistem Operasi yang Halal dan Barokah serta sudah ada alat bantu untuk belajar Islam. Terlebih lagi BlankOn Sajadah telah dilengkapi dengan alat penyaring konten negatif dns nawala, sehingga pengguna BlankOn Sajadah bisa berinternet dengan nyaman dan sehat. Penambahan Aplikasi Penghitug Zakat dan HadisWeb versi 4 menjadikan BlankOn Sajadah wajib dipasang pada komputer kaum Muslimin di Indonesia.” harap Ainul Hakim dari Semarang yang memimpin Proyek BlankOn Sajadah ini.

Menjadi komitmen kami, BlankOn selalu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya, dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah bidang komputer pada Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan, sekaligus melestarikan budaya Indonesia dengan menyertakan Aksara Nusantara.
Kami berharap kedepan BlakOn Sajadah bisa lebih berisi konten konten Islami yang sudah berbahasa Indonesia sehingga memudahkan ummat dalam belajar tentang Islam, tentunya ini bisa terwujud atas partisipasi Anda.

Dan kami bangga bisa menerbitkan BlankOn Sajadah ini yang juga bertepatan dengan bulan Agustus yaitu momen Kemerdekaan Bangsa Indonesia, sehingga dengan menggunakan BlankOn Sajadah artinya kita sudah selangkah maju dalam Kemerdekaan khususnya di bidang Teknologi Informasi.”
“Aplikasi Stellarium pada BlankOn Sajadah sungguh memberikan gambaran pada kami bagaimana kronologi rukyatul hilal, dan juga HadisWeb yang sangat membantu untuk mencari dalil berbahasa Indonesia” tambah Nurul Amin, peserta Iktikaf di Masjid Baitul Hikmah Semarang malam ini.

Catatan Rilis dan Alamat Unduh Daftar fitur terbaru dan spesifikasi dapat dilihat pada halaman Catatan Rilis di alamat
http://sajadah.blankonlinux.or.id/catatan-rilis-sajadah.html
BlankOn Sajadah 7.0 dapat diperoleh melalui situs
www.blankonlinux.or.id dan situs-situs cermin lainnya.
http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/blankon-sajadah/rilis/7.0/
Kontak media
Silakan lakukan korespondensi dengan menggunakan jalur milis pada alamat: BlankOn@googlegroups.com


Dukungan Teknis


YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang Linux, Free Software, dan Open Source Software (FOSS) di Indonesia. Situs Internet YPLI adalah http://www.ypli.or.id/

Catatan
BlankOn dan logo BlankOn adalah merek terdaftar YPLI. Linux adalah merek dagang terdaftar milik Linus Torvalds.
Merek dagang dan hak cipta lain yang dirujuk catatan ini adalah kepunyaan masing-masing pemiliknya.


Ulang Tahun Kernel Linux
Selain itu pada bulan ini Linux juga merayakan Ulang Tahunnya yang ke 20, seperti yang telah kita ketahui bersama pada bulan April 1991, Linus Torvalds, yang pada waktu itu Beliau masih berusia 21 tahun memulai pekerjaannya untuk membuat sebuah sistem operasi. Ia pun memulai pekerjaannya dengan membuat sebuah task switcher dalam bahasa assembly untuk Intel 80386 dan sebuah driver terminal. Dan, pada tanggal 25 Agustus 1991, beliau menulis sebuah posting di dalam newsgroup comp.os.minix.


Kemudian, banyak orang menyumbang ide dan kode kepada proyek Linux. Hingga pada bulan September 1991, Linux versi 0.01 pun dirilis, dengan memiliki 10239 baris kode, yang kemudian diikuti dengan versi 0.02 pada bulan Oktober 1991. Pada bulan Desember 1991, Linux versi 0.11 dirilis.

Walaupun pengembang BlankOn sebelumnya tidak sengaja untuk merilis Distro-nya pada bulan ini tapi kerena bisa bertepatan dengan ulang tahun tersebut, maka pada  rilis kali ini kita anggap juga sebagai hadiah untuk Kernel Linux.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Release BlankOn Sajadah"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.