Cara Mudah menulis Aksara Jawa pada Komputer


Pada awal bulan Desember tahun lalu saya sempat baca salah satu postingan di Kompasiana dengan judul Wow, Huruf Jawa Akan Dijadikan Font di Windows, sebenarnya pada Distro Linux Karya Anak Negeri sudah membuatnya, bukan hanya aksara jawa saja tapi beberapa Aksara Nusantara lainnya, kenapa harus menunggu 2 tahun lagi kalau sekarang saja sudah ada.




Aksara Nusantara di BlankOn

BlankOn adalah distribusi asli Indonesia yang merupakan pionir dalam pelestarian budaya Indonesia. Salah satu di antaranya adalah aksara- aksara Nusantara yang pernah dipakai di negeri ini. Sayang sekali sekarang orang Indonesia sendiri justru tidak dapat membaca dan menulis menggunakan aksara aslinya sendiri.

Tim BlankOn percaya bahwa aksara-aksara ini wajib dilestarikan dan digunakan kembali oleh orang-orang Indonesia. Oleh karena itu aksara Nusantara mendapat perhatian khusus dari Tim Pengembang dan pengetikan aksara-aksara Nusantara pada destop BlankOn.
Aksara-aksara yang dapat digunakan antara lain:

  • Aksara Lontara
  • Aksara Sunda
  • Aksara Rejang
  • Aksara Bali (terbatas di beberapa aplikasi saja)
  • Aksara Jawa (terbatas di beberapa aplikasi saja)
  • Aksara Batak Toba



Mengaktifkan metoda input

Untuk dapat mulai mengetikkan aksara-aksara Nusantara, Anda perlu mengaktifkan metoda input terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan metoda input, klik menu Setting/Pengaturan >Administration/Administrasi >Langue Support/Dukungan Bahasa.

Pada opsi ”Metoda masukan papan tik”, pilih ”scim-immodule”. Setelah itu keluarlah dari destop dan masuk kembali. BlankOn menggunakan SCIM sebagai alat metoda inputnya (jika Anda memakai BlankOn Sajadah langkah ini tidak diperlukan)

Menggunakan metoda input
Untuk memulai pengetikan, buka aplikasi yang hendak Anda isi dengan tulisan beraksara Nusantara misalnya Anda buka Libre Office Writer, Penyuting Teks dll. Kemudian pada kotak isian teks, tekan tombol pemicu Ctrl+Spasi.
Pada pojok kanan bawah layar akan muncul kotak bertuliskan SCIM. Pilih aksara Nusantara yang hendak Anda pakai pada menu tersebut, kemudian Anda bisa memulai pengetikan kata dan kalimat yang Anda inginkan dalam aksara Nusantara.
Teknik pengetikan 
Pengetikan bisa dilakukan seperti mengetik biasa dalam aksara latin. Metoda input pada BlankOn akan secara otomatis menerjemahkan apa yang anda ketik dalam aksara Nusantara. Agar aksara dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan, ada beberapa trik-trik khusus dalam proses pengetikan.
  • Tekanlah tombol spasi setiap satu suku kata, agar proses pemenggalan baris dan pemilihan aksara lebih baik.
  • Tekan kembali Ctrl+Spasi untuk kembali ke pengetikan biasa (matikan fitur aksara Nusantara)
dibawah ini contoh Aksara jawa yang saya buat,
꧈ ꦲ ꦤ ꦕ ꦫ ꦏ ꧈ ꦢ꧀ ꦠ ꦱ ꦮ ꦭ ꧈ ꦥ ꦣ ꦗ ꦪ ꦚ ꧈ ꦩ ꦒ ꦧ ꦡ ꦔ ꧈ ꧑ ꧒ ꧓ ꧔ ꧕ ꧖ ꧗ ꧘ ꧙ ꧐ ꧈




ꦩꦠꦸꦫ꧀ ꦤꦸꦮꦸꦤ꧀

-
ꦱꦭꦩ꧀


ꦱꦏꦶꦧꦶ
-
Mari Kita mulai Meng-Indonesiakan Indonesia dengan mulai melestarikan Aksara Nusantara yang diwariskan oleh nenek moyang kita, jangan sampai warisan penting tersebut di akui oleh negara lain, minimal kita mau mencoba memakainya pada komputer yang kita miliki.
Saya sangat percaya bahwa bangsa kita mampu melestarikan warisan Aksara Nusantara tersebut asal ada niat dan mari kita tunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain





Artikel  terkait:

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Cara Mudah menulis Aksara Jawa pada Komputer"

  1. mas shohibi, tulisan Jawane koq gak sesuai dengan teori yg pernah kupelajari di bangku sekolah ya...

    ReplyDelete
  2. ya pak, saya juga sedang riset aksara jawa ini pak, itu sebagian sourcenya pakai cara aksara bali padahal beda jauh dengan aksara jawa, mungkin jenengan punya referensi untuk penyempurnaan aksara jawa tersebut

    ReplyDelete
  3. kok punyaku opsi ”Metoda masukan papan tik” nya gabisa diganti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, ternyata di BlankOn yang reguler memang agak ribet settingnya, gak bisa langsug aktif, nanti saya lengkapi tulisannya, pas nulis artikel ini saya BlankOn Sajadah

      Terimakasih atas komentarnya

      Delete
    2. Silakan baca artikel saya ini: http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/2012/02/revisi-cara-mudah-menulis-aksara-jawa.html
      sebagai jalan keluarnya

      Delete
  4. Nice inpoh. Tapi buat sekedar info tambahan, kalo nulis aksara jawa di halaman web, ane pake plugin firefox gan… tinggal ketik langsung jadi
    cekidot: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/puji-hastuti-transliterator/

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.