Revisi Cara Mudah menulis Aksara Jawa pada Komputer

Bagi yang menggunakan BlankOn 7.0 Pattimura Reguler (bukan BlankOn Sajadah) tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Cara Mudah Menulis Aksara Jawa” tidak bisa diterapkan, hal ini saya baru tahu pada saat ada teman yang bilang jika kotak SCIM di Laptopnya tidak tersedia dan beliau sudah melakukan sesuai tulisan tersebut berulang-ulang tetap saja tidak berhasil.

Tadinya saya juga tidak percaya dan saya bilang “mosok gak bisa?” (biasa penyakit manusia belum nyoba  sudah ngeyel duluan), tapi setelah saya coba memang benar adanya, setelah saya oprek ternyata permasalahan ada pada opsi "Metoda masukan papan ketik" tidak berfungsi karena tidak aktif atau kita tidak bisa melakukan pemilihan apapun, setelah melakukan ujicoba pada beberapa komputer (maksudnya komputer milik customer yang saya service) dengan hasil yang sama, maka saya mencoba ngoprek disalah satu komputer dan berhasil mengaktifkan “SCIM Input Method Setup”, dibawah ini saya tulis urutannya untuk mengatasi masalah diatas (maaf kalau ada yang keliru) silakan dicoba saja dulu dan semoga berhasil

Klik menu Setting/Pengaturan => Administration/Administrasi => Langue Support/Dukungan Bahasa, pada tab bahasa, klik tombol “Tambahkan/Hapuskan bahasa” jika keluar tampilan seperti dibawah ini pilih saja “Ingatkan Saya Lagi Nanti” karena kalau kita memilih “Install” dan kita terhubung dengan Internet, Komputer secara otomatis akan mengunduh dan memasang seluruh paket "Dukungan Bahasa" yang belum terpasang dan paket yang diunduh cukup besar yaitu sekitar 100 Mb.

Tidak beberapa lama akan terbuka jendela berisi daftar pilihan bahasa negara, pilih salah satu bahasa negara, sebagai contoh disini saya pilih “Arabic” (pilih nama negaranya saja, tidak usah dicentang, cukup beli tanda (-) pada kotak yang tersedia) Pada tab komponen, silakan pilih "Metode-metode masukan" untuk di centang, setelah itu klik “Terapkan Perubahan”



Jika keluar tampilan yang meminta Kata sandi, masukan kata sandi yang Anda buat pada saat melakukan pemasangan BlankOn (Password root), klik Otentikasikan


Segera keluar proses pemasangan dukungan bahasa “Arabic” seperti yang kita pilih diatas, pada proses ini secara otomatis komputer akan melakukan pemasangan bahasa dengan cara mengunduh langsung dari Lumbung Paket (dibutuhkan sambungan internet) paket yang diunduh sebenarnya sangat kecil karena tidak sampai 100 Kb.

Setelah proses pemasangan selesai Logout (keluar) dari destop dan login lagi, lakukan pengaturan SCIM caraya; Klik menu Setting/Pengaturan => Administration/Administrasi => Langue Support/Dukungan Bahasa, Pada opsi ”Metoda masukan papan ketik”, pilih ”scim-immodule”.

Setelah itu restart (nyalakan ulang) komputer Anda, jika tidak terjadi masalah pada saat pemasangan paket dukungan bahasa maka di pojok kiri bawah layar akan muncul kotak bergambar papan ketik bertuliskan SCIM.



Untuk Anda yang tidak terhubung ke jaringan Internet bisa melakukannya dengan cara Offline, silakan unduh paket Dukungan Bahasa di warnet ataupun bisa nebeng di kantor temen, kemudian simpan di Flashdisk atau apapun yang penting bisa dipindah atau dipasang pada komputer Anda.



Ekstrak paket yang Unduh tadi, caranya Klik Kanan berkas tersebut => Ekstrak disini, tunggu prosenya hingga selesai.






Sekarang saatnya melakukan Pemasangan paket yang kita unduh tadi, disini saya berusaha menggunakan cara paling mudah dan sederhana, setelah paket tadi sudah berhasil kita Ekstrak klik double Folder tersebut => Salin-Tempel ketiga berkas yang ada ke Folder Rumah (home) di komputer Anda, kemudian buka Terminal tulis perintah berikut:
$ sudo dpkg -i *.deb
masukkan kata sandi yang kita buat pada saat melakukan pemasangan BlankOn, untuk yang belum pernah ngoprek terminal pasti bingung karena kata sandi yang kita ketik tidak terlihat, lanjutkan saja kemudian tekan enter, tunggu prosesnya hingga selesai.



Setelah proses pemasangan selesai tutup terminal, Klik menu Setting/Pengaturan => Administration/Administrasi => Langue Support/Dukungan Bahasa, Pada opsi ”Metoda masukan papan tik”, pilih ”scim-immodule”.



Tutup semua aplikasi yang masih aktif, nyalakan ulang (restart) komputer Anda, mudah-mudahan setelah masuk ke destop lagi di pojok kiri bawah layar akan muncul kotak bergambar papan ketik bertuliskan SCIM.


Teknik pengetikan

Pengetikan bisa dilakukan seperti mengetik biasa dalam aksara latin. Metoda input pada BlankOn akan secara otomatis menerjemahkan apa yang anda ketik dalam aksara Nusantara. Agar aksara dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan, ada beberapa trik-trik khusus dalam proses pengetikan.
  • Untuk aksara jawa tekanlah tombol spasi setiap satu kata, agar proses pemenggalan baris dan pemilihan aksara lebih baik.
  • Tekan kembali Ctrl+Spasi untuk kembali ke pengetikan biasa (matikan fitur aksara Nusantara) 
Demikian Tulisan ini saya buat sebagai revisi tulisan saya yang sudah ada sebelumnya.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Revisi Cara Mudah menulis Aksara Jawa pada Komputer"

  1. gan bear tulisan arab bisa ada harokatnya bagaimana caranya mas ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. penjesannya ada di artikel berikut:
      http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/2011/10/cara-mudah-menulis-arab-di-linux.html

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.