Mengapa saya pilih pakai Linux


Tulisan ini merupakan jawaban dari pertanyaan teman-teman ataupun customer saya yang sering menanyakan “mengapa saya kok memilih pakai Linux bukan OS lainnya?" Semoga dengan adanya tulisan sederhana ini beberapa pertanyaan tersebut akan terjawab.

Harga yang murah
Sebagai seorang yang memiliki usaha penjualan Komputer, terutama komputer 2nd yang murah tapi berkwalitas,  maka sangatlah ideal jika saya menjual Komputer tersebut dengan memakai Sistem Operasi GNU/Linux, karena tidak mungkin saya menyuruh customer untuk membeli OS berbayar beserta aplikasi Original yang kita sudah tahu harganya tidak murah, saya bisa dianggap gila oleh orang yang ingin membeli Komputer ditempat saya, sebagai catatan sebagian besar komputer yang saya jual harganya dibawah 1 juta, sedangkan harga OS berbayar dan beberapa aplikasi lainnya harganya bisa lebih dari 2 juta.

Menurut saya menjual Software original tidak menguntungkan, sebagai contoh saya pernah dapat pesanan 10 keping CD OS Original oleh salah satu customer untuk kantornya, waktu itu harganya kalau di rupiahkan Rp. 840.000,- coba dihitung berapa modal yang harus saya keluarkan untuk memesan CD Original tersebut, sedangkan profit (rabat) yang didapat paling banyak Rp. 50.000,- per keping, sebagai catatan jika kita ingin membeli Software original dalam jumlah banyakharus pesan dulu, dan tentunya kita harus melakukan transfer uang sesuai harga tersebut, baru beberapa hari kemudian barang dikirim.

Dukungan Driver
Sebenarnya semua Driver Hardware belum didukung oleh Linux, tapi berdasarkan pengalaman saya sebagian Driver hardware Peripheral yang ada sudah tersedia untuk Linux, sebagai contoh saya pernah disuruh oleh teman untuk melakukan pengecekan (mencoba) Soudcard, VGA dan Lancard milik teman jumlahnya hampir 500 buah, coba Anda bayangkan jika saya memakai OS original yang berbayar itu bisa 3 hari belum selesai, habis dinyalakan keluar Found New Hardware , terus kita harus install drivernya, kita matikan lagi PC, pasang lagi Peripheral lainnya beda merk (contoh Soundcard) Found New Hardware lagi, Install driver lagi, begitu seterusnya.

Contoh beberapa Souncard dan VGA

Bebas Virus
Selama saya menggunakan Linux belum pernah dipusingkan dengan urusan Virus, ohya selain jual-beli komputer saya juga melayani service komputer, sebagai tuntutan profesi tukang service komputer tentunya saya sering melakukan Backup data pada komputer milik customer yang dipercayakan untuk saya service, coba Anda bayangkan kalau saya memakai OS selain Linux, baru saja menancapkan Hardisk External sudah harus melakukan Scanning yang memakan waktu tidak sebentar.

Masih masalah backup data jika kita menggunakan OS yang berbayar tersebut prosesnya lebih lama. Sebagai contoh saya melakukan Backup data sebesar 7,5 GB memakan waktu 75 menit, sedangkan jika menggunakan Linux hanya butuh waktu kurang dari 25 menit (dengan spek komputer yang sama) itupun saya menggunakan LiveUSB ketika menjalankan Linux.

Gambar perbandingan  kecepatan waktu backup data

Demikian beberapa alasan saya menggunakan Linux, mungkin ada sebagian pembaca yang beranggapkan jika tulisan saya ini hanya mengada-ada dan terlalu mengagung-agungkan Linux, untuk yang tidak mempercayainya silakan buktikan sendiri, sebagai percobaan silakan ganti Keyboard yang colokannya PS2 pada komputer yang menggunakan OS original milik sebelah dalam kondisi nyala, "apa yang terjadi?'

Tunggu tulisan saya berikutnya yang mengulas tentang  “mengapa kok saya pakai Distro BlankOn”.

Adapun beberapa contoh harga Hardware komputer yang saya jual bisa Anda lihat disini, tentu saja barang yang saya jual sudah kompatible dengan Linux

Artikel terkait: Mengapa Saya Memakai BlankOn

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengapa saya pilih pakai Linux"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.