Membuat Agenda

Jika pada Artikel sebelumnya saya menulis cara  Membuat Surat Dinas dengan menggunakan Palet yang disediakan oleh LibreOffice, maka pada artikel kali ini saya menulis cara Membuat Agenda dengan cepat.


LibreOffice hadir dengan contoh palet (template) untuk agenda yang dapat Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Wahana Pandu menawarkan banyak pilihan tata letak dan desain untuk membuat dokumen agenda yang sesuai Palet yang tersedia. Dengan bantuan Wahana Pandu, Anda dapat memodifikasi semua isi dari Agenda yang dibuat setiap saat dengan cepat. Jika dikendaki Anda dapat langsung melewati langkah ini dengan resiko agenda yang dibuat akan sangat sederhana. 

Wahana Pandu membantu Anda membuat untuk Palet (template) agenda. Anda dapat menggunakan agenda untuk menentukan topik diskusi, konferensi, dan pertemuan.

Pertama buka dulu Aplikasi LibreOffice Anda, bisa LibreOffice Writer, Calc, Impress atau yang lainnya sama saja, Untuk memulai pembuatan Agenda yang telah disediakan oleh palet (template) klik Berkas ->Wahana Pandu ->Agenda



Pilih Desain Halaman
Pada menu “Desain Halaman” pilih salah satu sesuai desain warna yang Anda inginkan, warna yang dipilih akan tampil sebagai warna kepala (kop) Agenda pada waktu dicetak.


Informasi Umum
Berisi informasi dari Agenda yang dibuat, isikan tanggal, waktu, nama seminar dan lokasi Agenda yang ingin dibuat, untuk memilih tanggal gunakan tombol panah yang mengarah ke bawah untuk memilih tanggal yang telah tersedia pada menu ini, sedangkan untuk waktu, nama seminar dan lokasi bisa Anda isi dengan melakukan pengetikan secara manual, setelah semuanya dirasa benar klik “Lanjut”
Tajuk yang disertakan
Pada bagian ini tersedia empat (4) menu yaitu; Jenis Pertemuan, Mohon dibaca, Mohon dibawa dan catatan, silakan pilih sesuai selera anda dengan memberi tanda centang pada kotak yang telah disediakan, kemudain klik “Lanjut” atau bisa juga melakukan klik pada nomor berikutnya pada sub menu langkah.
Nama Agenda

Pada bagian ini tersedia banyak palet yang bisa Anda isi pada saat ingin dicetak , silakan pilih sesuai selera anda dengan memberi tanda centang pada kotak yang telah disediakan, kemudain klik “Lanjut”
Topik Agenda
Isikan secara manual Topik agenda, Penanggung jawab, dan Durasi (waktu) yang tersedia pada menu ini, data yang dimasukkan akan dicetak pada palet agenda.
Untuk menyisipkan Agenda arahkan tetikus pada kolom yang tersedia kemudian klik “Sisip” maka secara otomatis akan keluar form kosong untuk diisi data yang disisipkan, untuk menghapus data yang sudah terlanjur kita masukkan klik “Buang”, sedangkan menu “Naik-Turun” berguna untuk menggeser/memindahkan Agenda yang dibuat jika terjadi perubahan yang mendadak.

 Lokasi dan Nama Berkas
Untuk menentukan lokasi Anda menyimpan Palet yang telah dibuat klik kotak yang ada tanda titik-titik disebelah kanan. Setelah semua pengaturan di rasa selesai kli “Selesai” maka akan segera tampil halaman baru Palet (Templat) Agenda.
Sekarang Silakan di lakukan pengaturan dan pengeditan pada palet yang tersedia, misalnya pada jenis pertemuan, rapat diadakan oleh, Pemimpin Rapat,dll, isikan secara manual pada kolom yang berwarna abu-abu disebelah kanan pada menu ini, begitu juga pada menu lainnya.
 


Sampai disini dulu tulisan saya mengenai penggunaan LibreOffice, semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi pada tulisan berikutnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Agenda"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.