BlankOn 8.0 "Rote" Beta 2


BlankOn 8.0 "Rote" Beta 2 telah tersedia. Rilis ini ditujukan untuk evaluasi pengembangan. Rilis jahitan berisi semua fitur BlankOn 8.0 dan dibuat agar setiap orang dapat membantu untuk menguji dan memberikan masukan kepada tim pengembang BlankOn.

Proses pengujian yang dipandu oleh tim Jaminan Kualitas BlankOn, akan membantu mengidentifikasi setiap fitur dan berbagai kutu/permasalahan. Ketika Beta 2 selesai diperbaiki, Rilis Kandidat 1 akan tersedia. Sebuah rilis Beta adalah purwarupa versi rilis selanjutnya dan memiliki kemiripan yang sangat kuat untuk rilis Kandidat 1 sampai versi akhir. Rilis final dari BlankOn 8.0 sendiri ditargetkan pada tahun 2012.

Kami membutuhkan bantuan Anda, untuk membuat BlankOn 8.0 dirilis dengan baik. Maka harapan kami, Anda dapat menyediakan waktu untuk mengunduh, mencoba setiap jahitan, dan memastikan hal-hal yang penting bagi Anda agar dapat bekerja dengan baik dan lancar.

Jika Anda menemukan kutu/permasalahan, segera laporkan kepada kami. Hal ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan pengalaman bagi pengguna BlankOn di seluruh dunia. Bersama, kita dapat membuat distribusi BlankOn yang jauh lebih baik, lebih ramah pengguna, dan lebih berguna bagi masyarakat penggunanya.


Halaman Unduh:
Umpan Balik
Jika Anda menemukan kutu, segera laporkan melalui:
Hingga saat ini kutu yang telah kami ketahui berada di:
Target Rilis Kandidat 1 adalah:
1. Memperbaiki kutu yang ada 

Fitur BlankOn 8.0
BlankOn 8.0 berisikan berbagai perangkat lunak bebas dan terbuka untuk keperluan desktop, laptop dan workstation. Perangkat lunak yang tersedia juga bisa ditambah dengan perangkat lunak lainnya agar sesuai dengan keperluan.
Destop BlankOn terdiri dari dua bagian utama, yaitu Area Kerja dan Panel. Area kerja merupakan tempat dimana jendela-jendela aplikasi ditempatkan serta ikon-ikon destop ditampilkan. Sedangkan panel berisikan ikon-ikon dan objek yang membantu Anda dalam bekerja. Panel bawaan di BlankOn menggunakan panel yang merupakan pengembangan mandiri dari pengembang BlankOn yang diberi nama Manokwari.
Secara umum, fitur-fitur dari BlankOn versi 8.0 adalah sebagai berikut :
HTML5 - Menyertakan gim berbasis HTML5.
  • BlankOn Desktop - Gabungan dari BlankOn Panel yang terus dikembangkan dan Gnome 3.
  • Menggunakan kernel Linux versi 3.0.xx yang sangat stabil dengan dukungan perangkat keras yang sangat banyak,
  • Perangkat lunak untuk keperluan Anda berkomputer, seperti keperluan perkantoran, grafis, internet, multimedia, dsb.
  • Antarmuka menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga bisa lebih dimengerti oleh orang awam,
  • Sudah menyertakan dukungan format multimedia yang lengkap, seperti untuk memutar mp3, DVD, dan format lainnya,
  • Dukungan aksara daerah di Indonesia yang semakin banyak
  • Menggunakan tema dan tampilan grafis khas Indonesia.
  • Desktop berkonteks, di mana layar komputer akan berubah sejalan dengan perubahan konteks di luar komputer. Saat ini hanya konteks waktu dan konteks cuaca yang dapat merubah tampilan komputer. Artinya tampilan di pagi hari akan berbeda dengan di malam hari, juga demikian misalnya bila di luar sedang terang benderang atau sedang hujan disertai petir maka BlankOn akan menyesuaikan. Fitur ini hanya terdapat di BlankOn dan tidak tersedia di distro lainnya.
  • GNOME versi 3.xx sebagai lingkungan desktop atau desktop environment yang sangat sederhana, kaya fitur, serta dukungan BlankOn Panel yang mudah digunakan,
  • LibreOffice? 3.4.xx untuk keperluan perkantoran yang sangat mirip dan kompatibel dengan Microsoft Office,
  • Peramban web chromium-browser untuk mengakses situs Internet,
  • Aplikasi surat elektronik Evolution,
  • Dan Lebih Banyak Lagi Kami menyertakan ratusan ribu aplikasi yang tersimpan dalam lumbung aplikasi.

Dibawah ini tangkapan layar Menu dan Aplikasi yang ada di BlankOn 8 Rote: 


Menu Aksesoris
Bagi sebagian orang, memiliki komputer yang mempunyai semua aplikasi yang dibutuhkan dalam kegiatannya setiap hari mungkin menjadi kebutuhan tersendiri. Misalnya saja, seorang siswa yang memiliki kewajiban dalam mengerjakan tugas-tugas dari sekolah, akan sangat terbantu bila memiliki kalkulator yang lengkap di dalam komputer atau laptopnya. Pada distro BlankOn Linux, sudah tersedia beberapa aplikasi aksesoris atau aplikasi tambahan yang sangat berguna dan siap dipakai oleh pengguna.
Menu Aksesoris

Menu Permainan
Untuk mengisi waktu luang disela-sela pekerjaan, Anda bisa sedikit bersenang-senang dengan memainkan permainan sederhana ini

Permainan
Menu Aplikasi Grafis
Untuk menunjang kebutuhan Grafis, BlankOn telah menyertakan aplikasi grafis dianratanya; Penampil gambar, Penampil berkas E-Book, Pengelola fotografi Shotwell Foto Manager, dan Libre Office Draw untuk penampil dan penyunting gambar.Semua aplikasi grafis yang ada berfungsi untuk menggantikan aplikasi grafis komersial yang ada di sistem operasi Microsoft Windows Dengan aplikasi Legal. Walaupun ada kemiripan, ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui dan dikuasai. Namun dengan pembiasaan diri, tidak akan sulit untuk menggunakan aplikasi grafis yang ada di BlankOn untuk berproduktivitas dan berkreatifias.
Menu Aplikasi Grafik
Aplikasi

Saat ini internet tidaklah lagi termasuk ke dalam kebutuhan tersier atau mewah. Kini, Internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang untuk mengakses informasi atau berkomunikasi dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Biaya untuk jaringan Internet sudah tidak semahal seperti pada saat pertama kali diperkenalkan. Bahkan, beberapa tempat umum menyediakan jaringan hotspot yang kebanyakan bersifat gratis agar Anda bisa mengakses internet melalui notebook atau perangkat lain yang memiliki fitur Wi-Fi. Untuk memanfaatkan jaringan Internet, BlankOn menyediakan berbagai aplikasi yang siap dipakai untuk keperluan Anda internet seperti peramban web, klien e-mail atau surat elektronik dan pesan instan.
Menu Aplikasi Internet
Aplikasi Perkantoran
Untuk kebutuhan perkantoran, BlankOn menyediakan sebuah paket aplikasi perkantoran yang bernama LibreOffice?. LibreOffice? merupakan aplikasi perkantoran open source yang dapat digunakan dengan bebas dan didapatkan secara gratis. Penggunaan aplikasi ini sangat mirip dengan Microsoft Office 2003, sehingga ramah terhadap pengguna yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi tersebut. Pada rilis sebelumnya BlankOn menggunakan paket aplikasi OpenOffice?.org namun dikarenakan pada saat iniOpenOffice?.org pengembangannya telah diakusisi oleh perusahan ORACLE yang kabarnya akan melisensikan OpenOffice?.org, diputuskan bahwa BlankOn menggunakanLibreOffice? sebagai pengganti dari aplikasi OpenOffice?.org. Meskipun mengalami perubahan terhadap aplikasi ini tata cara penggunaan antara aplikasi OpenOffice?.org danLibreOffice? adalah sama. Pada bab ini, dijelaskan mengenai penggunaan paket aplikasi perkantoran LibreOffice? untuk keperluan pengolahan kata, pengolahan sheet dan presentasi. Diharapkan dengan membaca bab ini, Anda mampu menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk berproduktivitas. Satu kelebihan BlankOn: LibreOffice? sudah berbahasa Indonesia.

Menu Aplikasi Perkantoran
Aplikasi Multimedia dan Hiburan
BlankOn menyediakan berbagai aplikasi multimedia dan hiburan yang bisa menghibur Anda di saat sibuk bekerja untuk berproduktivitas. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi multimedia yang memang didedikasikan untuk mereka yang bekerja di studio musik atau video. Tidak seperti distribusi Linux lainnya, BlankOn secara default sudah menyertakan codec atau pustaka pemutar format multimedia yang tertutup seperti MP3,DVD, WMA, dll. Jadi, Anda tidak perlu lagi memasang codec tambahan untuk memutar format tersebut.
Menu Aplikasi Suara & Video
Perkakas Sistem
Pada menu ini tersedia beberapa Aplikasi yang berguna untuk melakukan pengaturan pada sistem, misalnya Monitor Sistem untuk melakukan pengecekan aplikasi apa saja yang sedang jalan, Utilitas Diska untuk melakukan pengecekan kapasitas alat simpan yang terpasang pada komputer, dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan pem-formatan Flasdisk maupun Hardisk.
Menu Perkakas dan Sistem
Menu Preferensi
Terdiri dari beberapa Aplikasi untuk melakukan pengaturan yang berhungan dengan hak akses dalam bekerja sehari-hari.
Menu Preferensi
Menu Administrasi
Terdiri dari beberapa menu untuk manajemen Aplikasi yang sudah terpasang maupun yang akan dipasang, misalnya untuk melakukan pemasangan dan hapus aplikasi Anda bisa menggunakan Synaptic Manajer Paket, Atau Anda ingin melakukan pengaturan pada Mesin Cetak (Printer) bisa melakukan Klik pada menu Mencetak.
Menu Administrasi
Lokasi
Anda bisa mengklik direktori yang ingin Anda buka melalui menu Lokasi. Berikut adalah direktori yang bisa Anda buka melalui menu tersebut:
  • [Beranda] merupakan direktori yang berisikan berkas-berkas milik pengguna.
  • [Desktop] merupakan direktori di dalam direktori beranda yang berisikan berkas yang bisa Anda lihat di Desktop.
  • [Dokumen] merupakan direktori di dalam direktori beranda yang diperuntukkan untuk menyimpan dokumen.
  • [Musik] merupakan direktori di dalam direktori beranda yang diperuntukkan untuk menyimpan musik.
  • [Gambar] merupakan direktori di dalam direktori beranda yang diperuntukkan untuk menyimpan gambar atau foto.
  • [Video] merupakan direktori di dalam direktori beranda yang diperuntukkan untuk menaruh video.
  • [Unduhan] merupakan direktori di dalam direktori beranda yang diperuntukkan untuk menaruh berkas unduhan.
Direktori-direktori tersebut tidaklah mutlak. Direktori tersebut sudah disediakan demi kenyamanan Anda. Pada kenyataannya Anda (sebagai pengguna biasa) dapat membuat direktori sebanyak yang Anda inginkan dan di mana saja asal di dalam direktori beranda.
Menu Lokasi
Menu Setting atau Control Center
Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Operasi Sistem Windows tentunya sudah Familiar dengan yang namanya Control Panel, menu ini ini hampir sama dengan Control Panel di Windows, sebaga contoh untuk melakukan Konfigurasi Monitor bisa melaului 
  • Klik menu Settings > Hardware > Display
  • Tentukan resolusi layar pada pilihan [>Resolusi<] serta laju penyegaran-nya pada pilihan [>Laju Refesh<].
  • Tentukan monitor yang akan dihidupkan dengan memilih opsi [>On<] pada masing-masing jenis monitor yang muncul. Jika monitor yang terpasang belum muncul, silahkan klik tombol [>Deteksi Monitor<] untuk melakukan pendeteksian ulang monitor.
  • Jika ingin menyamakan semua tampilan monitor, Anda bisa memberi centang pada [>Citra yang sama di semua monitor<].
  • Jika ingin preferensi monitor tampil di panel, silakan centang [>Show monitors in panel<]
  • Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol [>Terapkan<]. Mungkin saja, Anda akan diminta untuk me-restart mode grafis agar konfigurasi bisa diterapkan.
Menu Setting atau Control Center
Pengembangan BlankOn Linux
BlankOn Linux dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama para komunitas pengembang Linux yang tergabung menjadi Tim Pengembang BlankOn Linux. Proyek BlankOn Linux terbuka untuk siapa saja yang terlibat dan berperan aktif dalam pengembangan BlankOn Linux ini. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BlankOn 8.0 "Rote" Beta 2"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.