Garis Bantu pada Inkscape

Sambungan dari Mengatur Canvas dan Halaman Kerja

Guides

Guides atau garis panduan adalah garis bantu yang dapat dipergunakan untuk mempermudah dalam membuat gambar terutama untuk mengatur letak dan posisi object yang sedang dibuat. Garis ini dapat digeser dan diatur sesuai posisi object yang dibuat.




Membuat Guides
Arahkan kursor pada ruler (penggaris) bagian atas klik tanda segita kecil kemudian tahan dan seret ke canvas ataupun ke halaman.  



Sedangakn Garis Panduan diagonal (miring) dapat dibuat dengan menyeret tanda segitiga kecil pada pojok penggaris, Secara otomatis garis diagonal yang dihasilkan kemiringannya 450





Modifikasi Guides
Klik dua kali guides maka akan keluar jendela untuk mengatur posisi Guides, X menandakan jarak dari kiri kanvas dengan guides, Y menandakan jarak dari bawah kanvas dengan guides, sedangkan Angle (degrees) menunjukan kemiringan guides.



Menghapus Guides
Untuk menghapus guides bisa dilakukan cara, klik guides hingga warna guides burubah warna menjadi merah, kemudian tekan tombol “Delete” pada keyboard, cara lainnya dengan melukan klik kanan guides => Delete.



Menyembunyikan Guides
Untuk Menyembunyikan Guides, klik View => Guides, atau dengan cara klik File => Docoment Properties => Guides, hilangkan tanda centang pada "Show guides".




Bersambung ke Grids


Kembali ke Daftar Isi Inkscape

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Garis Bantu pada Inkscape"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.