Cara Install File *.sh di Linux

Untuk memasang suatu aplikasi di GNU/Linux terdapat berbagai cara, semua tergantung dari ekstensi aplikasi yang akan dipasang, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan manajer paket yang telah disediakan oleh distro yang digunakan, cara ini seperti pemasangan suatu aplikasi pada smartphone Android melalui Play Store, kekurangan dengan menggunakan cara ini adalah saat pemasangan harus dalam keadaan online atau terhubung dengan Internet.

Selain menggunakan Manajer paket yang harus terhubung dengan internet (repo lokal), pemasangan aplikasi di Sistem Operasi Linux juga dapat dilakukan dengan cara tertentu yang tidak harus terhubung dengan internet, pada artikel ini saya memberi contoh cara memasang aplikasi yang menggunakan ekstensi *.sh pada Distro BlankOn 8 Rote, adapun aplikasi yang akan dipasang adalah Netbean.

Untuk memasang Netbean silakan unduh dari situs resmi netbean.org, namun sebelum memasang netbean, pada sistem operasi yang sama harus sudah terpasang Java Development Kit (JDK), jika belum terpasang silakan pasang terlebih dulu.
Anda juga dapat memasang JDK dan Netbean secara bersamaan dengan mengunduh kedua aplikasi tersebut dalam satu paket seperti yang saya lakukan pada artikel ini.

Unduh  JDK with NetBeans IDE Java SE bundle, pilih yang sesuai dengan arsitektur komputer dan distro Linux yang Anda gunakan, karena saya menggunakan BlankOn 8 Rote 32 bit maka saya pilih jdk-7u67-nb-8_0_1-linux-i586, sebelum melakukan pengunduhan jangan lupa klik Accept License Agreement.

Setelah JDK+Netbean sudah berhasil diunduh maka saatnya melakukan pemasangan, karena paket JDK+Netbean berupa file *.sh maka cara paling mudah untuk melakukan pemasangan adalah menggunakan terminal.
Buka terminal dengan melakukan klik Menu Utama BlankOn => Aksesoris => Terminal (sesuaikan dengan distro yang Anda gunakan),  Perhatikan direktori paket tersebut tersimpan, dalam contoh otomatis tersimpan pada direktori Downloads

Kemudian masuk ke direktori paket installer yang sudah diunduh sebelumnya, karena paket tersebut berada pada direktori Download maka lakukan perintah berikut:
cd ~/Downloads

Ubah hak akses paket tersebut sehingga dapat dieksekusi, ketik perintah berikut:
$ chmod +x jdk-7u67-nb-8_0_1-linux-i586.sh

Lakukan pemasangan dengan mengetik perintah berikut:
$ sudo sh jdk-7u67-nb-8_0_1-linux-i586.sh


Ketik kata sandi sesuai yang Anda buat saat melakukan pemasangan, kata sandi tidak muncul saat diketik lanjutkan saja.

Selanjutnya silakan klik beberapa kali Next, Install, dan Finish seperti saat memasang aplikasi pada umumnya.


Demikian Artikel sederhana yang dapat saya tulis kali ini, sampai jumpa pada artikel lainnya. 



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Install File *.sh di Linux"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.