Ringkasan Buku Desain Grafis dengan Inkscape


Seperti yang sudah saya posting sebelumnya bahwa buku Desain Grafis dengan Inkscape saat ini sudah selesai saya tulis, dan Anda sudah dapat membelinya dengan cara Pre-Order mulai tanggal 15 s/d 28 Februari 2015.

Di bawah ini saya tulis ringkasan singkat dari buku tersebut

BAB 1  PENDAHULUAN (hal; 1 s/d 4)
Bab ini berisi penjelasan mengenai Inkscape diantaranya; Sejarah Inkscape, apa itu SVG, dan keuntungan menggunakan Inkscape. 
Perbedaan Vektor dengan Bitmap ketika diperbesar


BAB 2  MENGGUNAKAN INKSCAPE (hal; 5 s/d 12)
Berisi pengenalan Antarmuka Inkscape, cara menggunakan mouse, cara membuka inkscape, dan penjelasan singkat tentang beberapa menu serta cara mengatur tampilan Inkscape supaya lebih nyaman saat digunakan


BAB 3  CANVAS AND PAGE ((hal; 13 s/d 18)
Pada bab ini fokus pada Canvas dan Halaman, penjelasan meliputi cara mengatur halaman, cara mengubah ukuran satuan (unit), juga dijelaskan mengenai tool yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan menggambar yang berkaitan dengan pengaturan halaman.


BAB 4  FILES (hal; 19 s/d 28)
Bab ini mengupas management File pada inkscape, penjelasan pada bab ini meliputi cara membuka halaman baru, membuka project yang sudah dibuat sebelumnya, menyimpan gambar, export dan import file, termasuk penjelasan tentang file yang di dukung oleh Inkscape.


BAB 5  TOOL BOX (hal; 29 s/d 80)
Bab ini khusus mengulas tentang pembuatan object dari yang sederhana sampai yang lumayan rumit dengan menggunakan tool yang disediakan oleh Inkscape yaitu Tool Box.
Pada bab ini dijelaskan secara rinci cara membuat berbagai object dan memodifikasi object dari yang paling dasar sampai yang lebih rumit. Bab ini memiliki subbab paling banyak dibanding subbab lainnya.


BAB 6  STYLING OBJECTS AND COLOR (hal; 81 s/d 92)
Bab ini khusus mengulas tentang style dan warna object, penejelasan meliputi cara modifikasi warna dan mengubah bentuk object, baik Fill maupun Stroke. Bab ini juga berisi penjelasan tentang Pattern dan markers termasuk cara menambahkannya secara manual.

BAB 7  TEXT (hal; 93 s/d 100)
Bab ini berisi penjelasan mengenai Text pada Inkscape, subbab pertama berisi penjelasan mengenai cara melakukan seleksi teks dan tombol pintas pada keyboard yang berhubungan dengan teks serta penjelasan mengenai font dan karakter khusus pada inkscape, subbab kedua membahas cara membuat tulisan dengan bentuk tertentu.


Subbab ketiga berisi penjelasan mengenai pemeriksaan ejaan secara otomatis (spell checking) sesuai bahasa yang digunakan. Subbab selanjutnya merupakan penjelasan fungsi tambahan (extensions) untuk manipulasi teks pada Inkscape.


BAB 8  MULTIPLE OBJECT OPERATIONS (hal; 101 s/d 116)
Bab ini berisi penjelasan berbagai operasi object, subbab pertama berisi penjelasan singkat yang berhubungan replikasi object, penjelasan meliputi Copy, Cut, Paste, Clone, dan Duplicate object. Subbab kedua berisi penjelasan pemotongan dan penyembunyian antara object satu dan lainnya (clip and mask).


BAB 9  OBJECT'S POSITION (hal; 117 s/d 124)
Pada Bab ini menjelaskan managemant posisi dan distribusi object, subbab pertama berisi penjelasan mengenai cara mengubah posisi suatu object dengan object lainnya, subbab ke-dua berisi penjelasan mengenai perataan dan distribusi suatu object terhadap halaman atau object lainnya. Subbab ketiga berisi penjelasan cara menyusun gambar pada halaman, subbab keempat berisi cara penempatan object dengan mudah menggunakan fungsi snap.


BAB 10  ORGANISING OBJECTS (hal; 125 s/d 128)
Penjelasan mengenai organisasi atau pengelompokkan object, subbab pertama berisi penjelasan mengenai Layer pada Inkscape, subbab kedua berisi penjelasan mengenai pengelompokkan object satu dengan object lainnya (grouping) dan cara memisahkannya (ungroup)


BAB 11  PATH (hal; 129 s/d 148)
Bab ini menjelaskan tentang bagaimana modifikasi dan mengedit object menjadi bentuk yang berbeda dengan mengubah dan modifikasi secara langsung. Pada bab ini juga dijelaskan cara mengubah gambar Bitmap menjadi vektor.


BAB 12  EXTENSIONS (hal; 149 s/d 184)
Bab ini berisi penjelasan mengenai cara memaksimalkan dan modifikasi object dengan program   tambahan (script) atau program yang tidak dapat ditangani secara langsung oleh tool bawaan Inkscape yaitu dengan menggunakan Extensions. Dengan menggunakan extension maka gambar yang dibuat akan lebih baik, bab ini terdiri beberapa subbab dengan  kelompok kategori yang berbeda-beda.


BAB 13: XML EDITOR (hal; 185 s/d 188)
Berisi penjelasan XML Editor untuk mengedit deskripsi XML pada sebuah gambar SVG yang disediakan oleh inkscape. Penjelasan meliputi cara mengatur posisi dan ukuran object sesuai parameter standar SVG, juga dijelaskan cara memberi nama pada path atau gambar dengan mudah.


BAB 14  SVG FILTERS (hal; 189 s/d 198)
Berisi penjelasan cara mengubah tampilan object agar lebih baik sesuai keinginan menggunakan Filters sesuai standard SVG, misalnya untuk menambahkan tekstur pada fill, membuat bayangan, memodifikasi object, dan lain-lain.


BAB 15  CONTOH TUTORIAL (hal; 5 s/d 204)
Berisi Contoh Tutorial cara membuat kartu nama dengan mudah menggunakan beberapa fitur dan Tool yang disediakan oleh Inkscape

BAB 16  KEYBOARD SHORTCUTS (hal; 205 s/d 208)
Berisi beberapa tombol pintas pada keyboard yang paling sering digunakan saat membuat dan modifikasi gambar.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Ringkasan Buku Desain Grafis dengan Inkscape"

  1. Gini kak, kok fontnya ngga semua yg aku instal bisa di gunakan , gmana itu kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa font memang ada yang tidak bisa digunakan secara sempurna terutama pada font yang berbayar, sebaiknya gunakan font alternatif yang benar-benar free

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.