Dengan BlankOn Kita Move On

Akhir bulan Juni 2015 Sahabat BlankOn Semarang bekerjasama dengan Universitas PGRI Semarang mengadakan acara Talk Show dengan tema Ngoprek Linux Dengan BlankOn kita Move On yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana lantai 5 Pendidikan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang.



Adapun materi yang dibahas pada acara ini antara lain adalah: Perkenalan Komunitas BlankOn Semarang, pengenalan BlankOn Linux, Aplikasi Office, dan Aplikasi Grafis.

Di bawah  liputan singkat yang berhasil saya rangkum

Acara dimulai pukul 14,03 WIB yang dibuka oleh panitia Universitas PGRI Semarang dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim


Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kajur PTIK UPGRIS yang disampaikan secara langsung oleh Bapak Wijanarko yang pada intinya beliau sangat mendukung acara semacam ini, beliau juga berharap acara tersebut ke depannya dapat berjalan secara berkelanjutan dengan tema yang lebih mendalam dan spesifik lagi.

Sebelum acara di lanjut ke tema utama, seperti biasa, yang mana pihak kampus memberikan Cindera mata kepada kami Komunitas BlankOn Semarang, seperti gambar di bawah ini

Acara berikutnya adalah perkenalan Sahabat BlankOn Semarang yang dibwakan oleh Om Mas Mahardhika Nugraha, pada sesi ini beliau memperkenalkan apa itu Sahabat BlankOn Semarang, apa saja  kegiatannya, bagaimana cara bergabung menjadi anggota komunitas ini, dan apa saja keuntungan jika menjadi anggota komunitas.

Pada acara ini, Selain menjadi pembicara Om Mas Mahardhika Nugraha sekaligus sebagai moderator acara.


Sesi selanjutnya adalah pengenalan BlankOn Linux yang dibawakan oleh bapak Suntoro, pada sesi ini beliau menjelaskan apa itu BlankOn Linux, bagaimana distro ini dikembangkan, siapa saja yang mengambangkannya, pada sesi ini tidak lupa beliau juga menjelaskan secara singkat cara bergabung menjadi pengembang dan apa saja syaratnya untuk jadi pengembang BlankOn Linux.



Setelah sesi pengenalan BlankOn linux selesai dibawakan oleh pak Suntoro, maka acara dilajutkan oleh Mas Mustofa yang mana pada sesi ini beliau menjelaskan aplikasi perkantoran (office) dalam hal ini tentanga LibreOffice.

Pada sesi ini mas Mustofa menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi office pada berbagai sistem operasi pada dasarnya sama, agar peserta yang mengikuti acara ini lebih yakin lagi maka beliau meminta salah seorang peserta untuk memperagakan (praktek langsung) menggunakan aplikasi LibreOffice, dan hal ini terbukti dengan lancarnya peserta dapat menggunakan LibreOffice seperti menggunakan Aplikasi Office milih OS sebelah.

Di bawah ini adalah beberapa gambar peserta yang sempat kami abadikan



Eh ternyata ada juga peserta dari luar Semarang yang menyusup jadi peserta acara ini, mereka adalah tim GrombyangOS, di bawah ini adalah gambar desktop Linux mereka


Sesi terakhir pada acara ini adalah pengenalan Aplikasi Grafis yang di sampaikan oleh ketua Sahabat BlankOn Semarang, pada sesi ini pembicara mengenalkan dan menjelaskan berbagai Aplikasi Grafis di BlankOn Linux yang dapat digunakan, tidak lupa pembicara juga menampilkan berbagai contoh hasil karya desainer dunia yang dibuat dengan aplikasi Grafis berbasis OpenSource.



Di sesi ini pembicara juga menjelaskan bahwa di Indonesia masih jarang ditemukan buku panduan penggunaan Aplikasi Grafis OpenSource dalam bahasa Indonesia sehingga pembicara akhirnya punya ide untuk menulisnya sendiri, salah satu buku yang sudah diterbitkan adala buku Desain Grafis dengan Inkscape.

Pukul 17.59 WIB acara Talk Show dengan tema Ngoprek Linux Dengan BlankOn kita Move On selesai di laksanakan dengan ditutup ucapan Alhamdulillah oleh panitia yang diikuti oleh semua peserta.

Seperti acara lain pada umumnya, setelah acara selesai bak orang-orang penting kami juga tidak lupa foto bareng.

Oh ya, karena acara ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan, maka pihak panitia mengajak kami untuk buka bersama, acara buka bersama dilaksanakan setelah Sholat Maghrib bertempat di Waroeng Steak & Shake (jalannya saya gak tahu)


 Demikian liputan singkat acara Talk Show dengan tema Ngoprek Linux Dengan BlankOn kita Move On yang dapat saya tulis kali ini, sampai jumpa pada liputan lainnya.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Dengan BlankOn Kita Move On"

  1. semoga di medan bisa buat acara seperti ini juga
    trima kasih y info nya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo..... silakan buat
      saya bantu dengan do'a

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.