Menggambar Garis Lurus di GIMP

Beberapa hari lalu saya ngamen di salah satu SMK swasta jurusan Desain Grafis di Kabupaten Semarang. Salah satu materinya adalah Menggambar Garis Lurus menggunakan GIMP. Daripada meteri tersebut hanya tersampaikan ke beberapa siswa/siswi di sekolahan tersebut maka saya tulis aja di blog ini, hitung-hitung update blog biar terlihat kekinian.
-
Oke langsung aja saya tulis tutorialnya seperti berikut:
Buat halaman baru dengan klik File => New, tentukan ukuran halaman sesuai selera. Pilih salah satu brush yang Anda sukai (contoh Pencil tool), pilih warna Foreground, pastikan warna Foreground dan Background yang berbeda.

Pilih jenis Brush di Tool Options atau Dock Brushes/Patterns/Gradients, lakukan pengaturan lainnya jika perlu, buat satu buah titik awal dengan klik tombol kiri mouse pada area image display atau halaman utama GIMP.

Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, gerakkan mouse sehingga kursor bergeser dari titik awal yang Anda buat pertama ke arah lain. Maka secara otomatis terlihat garis pada Image Display.


Klik sekali pada salah satu titik, maka secara otomatis tercipta satu garis lurus.

Untuk membuat garis lurus dengan bentuk yang berbelok-belok dapat dilakukan dengan menggeser kursor ke arah lain sambil tetap menahan tombol Shift, kemudian klik lagi untuk untuk membuat titik awal garis (point line), lakukan hal yang sama berulang-ulang hingga terbentuk garis sesuai keinginan.

Demikian tutorial sederhana Cara Menggambar Garis Lurs Di GIMP sesuai materi ngamen saya beberapa hari lalu, sebenarnya pada acara tersebut juga ada materi lainnya, Insya Allah jika ada waktu yang longgar saya tulis juga tutorialnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menggambar Garis Lurus di GIMP"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.