Creating a Basic Shape with GIMP

Tutorial ini merupakan dokumentasi dari acara ngamen ngajar eskul di salah satu SMK jurusan Desain Grafis di Kabupaten Semarang pada pertemuan kedua atau minggu kedua (padahal mulai pertamanya pada minggu minggu kedua juga). Jika pada pertemuan pertama materi yang penulis ajarkan adalah cara membuat garis lurus di GIMP, maka pada pertemuan ini materinya adalah menggambar bentuk sederhana dengan GIMP atau bahasa negara tetangga Creating a Basic Shape with GIMP.

Sebenarnya GIMP tidak dirancang sebagai aplikasi untuk menggambar. Namun, Anda tetap dapat membuat berbagai bentuk (shape) dengan baik seperti cara membuat garis yang dijelaskan pada tutorial Menggambar Garis Lurus di GIMP beberapa hari lalu. Untuk membuat Shape atau bentuk dapat dilakukan dengan menggunakan Selection Tool. Anda juga dapat membuat shape dengan cara berbeda menggunakan tool lainnya, namun cara paling mudah adalah menggunakan Selection tool.
-
Berikut penjelasan singkat cara membuat shape di GIMP: 

Buat halaman baru dengan klik File => New atau tekan Ctrl+N, pilih ukuran halaman yang sesuai.

Sebuah gambar Shape sederhana (contohnya Persegi panjang dan lingkaran) dapat dibuat dengan mudah menggunakan Selection Tool. Dalam tutorial ini penulis membuat bentuk (shape) persegi panjang sebagai contohnya. Langkah pertama klik ikon Rectangular Selection Tool untuk membuat seleksi baru, caranya klik dan tahan tombol kiri mouse, kemudian geser kursor ke area lain hingga membentuk seleksi persegi panjang,

 Lepas tekanan pada mouse ketika seleksi berbentuk persegi panjang berhasil dibuat, selanjutnya klik tengah-tengah selesksi presegi panjang tersebut untuk menyelesaikan proses seleksi.

Setelah seleksi berhasil dibuat, Anda dapat memberi warna seleksi tersebut sehingga menjadi shape sesungguhnya, caranya adalah pilih warna yang sesuai dengan cara klik ikon Foreground color, kemudian klik Bucket Fill Tool, lakukan pengaturan pada Tool Options, pilih FG color Fill dari menu Fill Type (Ctrl), arahkan kursor ke seleksi dan klik, maka secara otomatis seleksi persegi panjang menjadi shape dengan warna sesuai Foreground color.

Untuk membuat shape dengan bentuk tertentu dapat dilakukan dengan menggunakan Path Tool, kemudian mengubah Path menjadi seleksi setelah itu baru diberi warna

Demikian tutorial sederhana Cara Menggambar Bentuk Sederhana dengan GIMP sesuai materi ngamen saya beberapa hari lalu, sebenarnya pada acara tersebut juga ada materi lainnya, Insya Allah jika ada waktu yang longgar saya tulis juga tutorialnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Creating a Basic Shape with GIMP"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.