Ekstrakurikuler Desain Grafis #5

Tanggal 19 Oktober 2016 adalah pertemuan ke-lima kegiatan Ekstrakurikuler Desain Grafis dengan Inkscape tahun pelajaran2016/2017. Kegiatan  ini rutin dilakukan setiap hari rabu, dan tahun ini merupakan tahun yang kedua. Menurut Agenda yang telah kami buat, rencananya Ekstrakurikuler Desain Grafis selain menggunakan Inkscape juga akan menggunakan GIMP. Krita, Synfig Studio, Blender, dll.

Pada pertemuan kali ini materi utamanya adalah membuat Kalender tahun 2017, untuk mempermudah proses pembuatan kalender dalam hal ini menggunakan Extension => Render => Calendar.

Beberapa materi yang penulis ajarkan dalam mempermudah proses menggambar kalender antara lain:
  • Penggunaan Layer untuk mempermudah proses management object.
  • Align and Distribute untuk mempermudah pengaturan object
  • Group dan Ungroup untuk mempermudah proses Editing
  • Penggunaan kombinasi tombol Ctrl+klik kiri mouse untuk menyeleksi object dalam Group
Bagi Anda yang tertarik dengan materi tersebut silakan unduh Modul Eskul tanggal 19 Oktober 2016, Anda diperbolehkan untuk menyebarkan modul tersebut kepada siapapun tanpa harus meminta ijin terlebih dulu ke penulis.

Pada akhir jam pelajaran, penulis juga mulai sedikit mengenalkan aplikasi manipulasi foto (pengolah bitmap) dalam hal ini sedkit mengajarkan cara menyempurnakan gambar yang dibuat dengan Inkscape menggunakan GIMP.


Dalam materi tambahan ini, penulis juga menjelaskan bahwa konsep Layer di GIMP secara garis besar sama dengan di Inkscape. Selain itu, penulis juga menjelaskan bahwa di Inkscape juga tersedia fitur untuk menyimpan gambar yang telah dibuat dengan Inkscape menjadi format GIMP yaitu format XCF, sayangnya beberapa siswa yang masih menggunakan GIMP pada sistem operasi Microsoft Windows fitur ini tidak tersedia.
-
Demikian dokumentasi singkat kegiatan Ekstrakurikuler di SMP N 1 Semarang tanggal 19 Oktober 2016, semoga beberapa lembaga pendidikan lain ada yang tergugah untuk melakukan kegiatan yang serupa sehingga dapat mengurangi tingkat penggunaan aplikasi ilegal di Indonesia.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ekstrakurikuler Desain Grafis #5"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.