Persembahan dari Anak Negeri di Hari Kemerdekaan

Hadiah di Hari Kemerdekaan

Hari ini bangsa Indonesia merayakan hari Kemerdekaan yang ke 66, dan hari ini juga kami dari pengembang Distro Lokal mempersembahkan salah satu Distro kebanggaan kami  yaitu BlankOn 7 Pattimura  sebagai hadiah untukmu Negeriku Indonesia.

Tentang BlankOn 7.0
BlankOn 7.0 Pattimura  merupakan versi terbaru distribusi BlankOn. Distribusi ini dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. BlankOn merupakan distribusi linux khas Indonesia yang menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor maupun bitmap), dukungan untuk memainkan beragam format berkas multimedia, serta aplikasi menarik lainnya.
Pengembangan BlankOn bukan semata-mata ingin membuat distribusi Linux baru, namun lebih dimotivasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas/terbuka. Yang pada hakikatnya merupakan salah ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki semangat bergotong-royong.
Tim pengembang BlankOn percaya bahwa bangsa Indonesia mampu dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Oleh karena itu kami aktif mengundang siapa pun yang berminat dan memiliki semangat yang sama untuk bergabung dalam pengembangan BlankOn.
Nama kode Pattimura diambil dari nama Pahlawan Nasional Indonesia, Thomas Matulessy yang juga dikenal dengan nama Pattimura.

Yang Baru di BlankOn 7.0 Pattimura
BlankOn 7.0 Pattimura  mempunyai beberapa fitur aplikasi yang memudahkan Anda untuk membantu pekerjaan setiap hari, menikmati hiburan, behubungan melalui fasilitas internet sampai aplikasi pendidikan.
 Aksara Nusantara
Pattimura mendukung enam jenis Aksara Nusantara, yaitu aksara Bugis, Batak Toba, Bali, Sunda, Rejang dan Jawa. Aksara-aksara ini adalah aksara khas daerah yang terdapat di daerah Indonesia. Aksara Rejang dan Jawa merupakan penambahan terbaru di versi ini.
Kamus cepat Stardict
Pattimura menyediakan Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Terjemahan lain yang disediakan melalui Lumbung Paket BlankOn adalah Bahasa Sunda Ke Indonesia dan Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, serta Tesaurus Bahasa Indonesia.

Peramban web Chromium
Pattimura menyertakan peramban web Chromium versi 15 untuk akses cepat ke website kesukaan Anda. Ringan, mudah digunakan dan aman dan sudah mendukung HTML5.

Pemutar lagu Exaile
BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis, Anda bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, Inkscape, dan sebagainya.

Album foto Shotwell
BlankOn 7.0 Pattimura menyediakan program album foto Shotwell yang memudahkan Anda dalam mengatur puluhan bahkan ratusan ribu foto digital dalam komputer Anda. Anda dapat dengan mudah pula mengirim foto-foto tersebut ke layanan album foto populer di Internet baik Flickr, Facebook, maupun Picasa.

Selain aplikasi diatas BlankOn 7 Pattimura juga menyertakan berbagai aplikasi siap pakai untuk kebutuhan sehari-hari seperti dibawah ini:
Aksesoris
  • Ambil Cuplikan: fungsinya untuk menggambil gambar pada komputer Anda atau sering disebut tangkapan layar, sama dengan menekan tombol Printscreen, perbedaanya kita bisa mengatur waktu sesui selera kita.
  • Bantuan: yang jika kita klik akan keluar buka panduan berupa dengan format PDF yang isinya mengenai Blankon dan cara penggunaanya dan semuanya sudah berbahasa Indonesia istilah kerennya buku manual, dan setahu saya baru distro BlankOn yang ada.
  • Cari Berkas: yang gunanya untuk mempermudah pencarian berkas/data yang ada dikomputer kita.
  • Penyunting Teks: bisa kita gunakan untuk membuat teks sederhana sesuai kebutuhan sehari-hari.
  • Kalkulator: untuk menghitung seperti Kalkulator pada umumnya.
  • Penganalisa pengguna Diska: untuk melihat dan menganalisa Hardisk yang kita pakai.
  • Tabel Karakter: untuk membuat teks atau simbol yang tidak ada pada papan ketik.
  • Terminal: berguna untuk menginstal, menghapus dan melakukan pengaturan lainnya dengan menggunakan Perintah tertentu
Grafik
  • Gimp Editor Gambar: aplikasi untuk mengolah gambar yang sudah cukup lengkap dan mudah cara penggunaanya, aplikasi ini merupakan aplikasi padanan dari penyuting foto terkenal yang ada di Windows yaitu Adobe Photoshop
  • Inkscape:  Aplikasi untuk menggambar Vektor, penampilan aplikasi ini memang mirip dengan Corel Draw, jika Anda sudah terbiasa menggunakan Corel Draw maka menggunakan aplikasi ini tidaklah sulit.
  • LibreOffice  Draw: kegunaannya hampir sama dengan Inkscape.
  • Penilik Dokumen: untuk membuka Dokument yang berupa PDF atau E-book.
  • Album Foto Shotwall: aplikasi untuk membuat album, selain itu dengan aplisai ini kita bisa mengedit foto kita, misalnya mempertajam pencahayaan, memotong gambar dan lain-lain.
  • Simple Scane: Aplikasi untuk mesin scaner yang kita miliki.
Internet
  • Evolution: Aplikasi untuk mengirim surat elektronik atau email.
  • Gwibber Sosial Clinet:  untuk mengirim komentar di jejaringan sosial, misalnya : Facebook, Twitter, dll.
  • Peramban web chromium: untuk browsing atau meramban halaman web.
  • Pesan Internet Pidgin: untuk sarana ngobrol atau chatting di internet
Pendidikan
  • StarDict: untuk menrjemahkan kata dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia (Kamus)
Perangkat Sistem
  • Utilitas Diska: aplikasi untuk memformat dan membuat partisi hardisk ataupun Flashdisk
Perkantoran
  • Surat dan Kalender Evolution: sama pada aplikasi Internet.
  • LibreOffice  Calc: untuk membuat lembar kerja perkantoran dan perhitungan, membuat diagram, dll.  aplikasi ini mirip dengan microsoft Exel.
  • LibreOffice  Draw:
  • LibreOffice Impress: untuk membuat persentasi profesional.
  • LibreOffice Writer: merupakan Aplikasi pengolah kata yang sering kita gunakan untuk urusan tulis-menulis, misalnya untuk membuat Tugas Akhir atau skripsi, membuat surat lamaran kerja, dll
Suara dan Video
  • Brasero: adalah aplikasi untuk pembakar CD/DVD, dengan aplikasi ini kita bisa menyimpan berkas atau dokument lainnya kedalam CD/DVD.
  • Webkam: salah satunya untuk mengambil gambar dan Video, misalnya untuk ngobrol dengan teman di dunia maya, sekarang yang sedang populer pada Google plus yaitu Hangout.
  • Exail musik player: untuk memutar koleksi lagu kita.
  • Pemutar Film: untuk memutar koleksi video yang kita miliki kita.
  • Pitivi: untuk membuat dan mengedit Video yang kita miliki.
Lumbung Paket BlankOn
Lumbung Paket di BlankOn menyediakan ribuan aplikasi yang dapat dipasang langsung memalui sambungan internet
Tim Pengembang BlankOn juga menyediakan lumbung paket dalam DVD yang dapat diperoleh dari alamat: http://arsip.blankonlinux.or.id/dvdrepo/
Unduh sekarang juga!
BlankOn 7.0 Pattimura dapat diunduh dari Pusat Unduhan CD BlankOn berupa ISO yang bisa di burn menjadi Live CD atau Live USB Flashdisk.
Dengan adanya Live CD Anda bisa mencoba langsung BlankOn 7 Pattimura tanpa harus menginstal dulu kedalam Hardisk.
 
Terlepas dari apapun sistem operasi yang Anda jalankan, Live CD akan memberi keuntungan lebih, lengkap dengan aplikasi umum, semua berjalan dari drive CD Anda - hard drive Anda tidak akan disentuh sama sekali. Dan Apabila Anda menginginkan BlankOn Pattimura berjalan dengan kecepatan penuh maka pasang BlankOn Pattimura ke komputer Anda.

Sumber: http://www.blankonlinux.or.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Persembahan dari Anak Negeri di Hari Kemerdekaan"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.