Calculator di Linux VS Calculator di Windows


Ternyata cukup lama  juga saya tidak menulis di Blog ini, karena sedang sibuk bantu teman-teman menulis buku Panduan BlankOn 8 Rote yang Insya Allah akan rillis bulan Agustus beberapa hari lagi.


Beberapa hari yang lalu saya menemani anak Tetangga kesekolahan untuk mengikuti rapat yang gak begitu penting, karena orang tua anak tersebut sedang sakit maka saya mendapat amanah untuk mewakilinya. setelah rapat selesai saya harus menunggu anak tersebut sampai selesai mengikuti mata pelajaran, kebetulan hari itu mata pelajarannya adalah Matematika, dan sang guru memberi pertanyaan pada murid-muridnya seperti berikut: 3×3+3×0=?, oleh anak tetangga tersebut diisi “9″ dan sang gurupun ngeyel kalau jawaban yang benar adalah “0″ karena dia melakukan penjumlahan pakai Calculator biasa.

Karena masalah ini berhubunganan dengan mutu pendidikan disekolahan tersebut, maka saya mengingatkan ke guru tersebut kalau jawaban yang benar adalah “9″, karena guru tersebut tetap ngeyel maka akhirnya dia menyalakan komputer disekolah tersebut dan membuka aplikasi Calculator, dan memang benar waktu dijumlahkan hasilnya “0″, karena kebetulan saya hari itu membawa Netbook saya pun menyalakannya dan membuka aplikasi Calculator, dan hasil dari penjumlahan pada Netbook saya adalah “9″, berikut tangkapan layar dari kedua Calculator tersebut:



Silakan teman-teman pembaca untuk mencobanya sendiri mana yang benar jawabannya, saya yakin teman-teman lebih cerdas dari saya.

Tadi saya iseng-iseng membuat Tread masalah ini di Akun Facebook saya, dibawah ini beberapa tanggapan dan komentar dari teman-teman:

bedanya apa mas?

Kalo yg di Windows di rubah ke mode scientific hasilnya pasti sama, 9.

lah iya hasilnya ko 9

yg bener yg di linux dimana perkalian diproses lebih dahulu baru penjumlahan.. klo yg windows itu masih kalkulator tukang sayur..

yang linux mas, matematika SD saya ngajarin perkalian yang lebih dulu di selesaikan :D kemudian penjumlahan :D

linux dah.. e5ng top

bener linux… utamakan pembagian, perkalian.penjumlahan, pengurangan

coba ubah dulu deh yg windows ke mode scientific, programer ato statistik..klo ga salah pilihan jenis kalkulatornya banyak.. pasti hasilnya sama

PiPo lonDo

proses calculator di linux, sebelum ditekan tombol “=”, dia gak akan memproses angka. setelah menekan tombol “=” baru keluar hasilnya 9.
proses calculator di windows (selain mode scientific), dia akan memproses operator “X” (3X3). jadi tanpa menekan tombol “=” juga akan langsung keluar hasilnya, sehingga hasilnya 0.
alur (urutan) pemrogramannya beda :)

pastinya yang bener ya hasilnya 9 :D
kecuali pake tanda kurung : (3X3+3)X0=0

tanpa tanda kurung sudah hukumnya perkalian dan pembagian didahuluakn ketimbang tambah dan kurang.
perkalian dan pembagian pun didahulukan yg pertama ditulis/operator.
yah intinya kuasai dulu konsep dasar matematika, apalagi klo bikin program pembantu matematika =))

barusan nyoba di kalkulator “tukang sayur”, hasilnya sama kayak di windows.. waaah, bahaya kalo transaksi banyak2 sama tukang sayur, bisa untung kita, harga sayur bisa gratisan =))

di android juga bener kok

saya nyoba di hh selain android java mah hasil nya kyk windows



Demikian Cerita saya hari ini, semoga tulisan singakat ini bermanfaat untuk kita semua terutama untuk dunia pendidikan.

Postingan terkait:

13 Tanggapan untuk "Calculator di Linux VS Calculator di Windows"

  1. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151007767708360&set=a.379473193359.158222.290539813359&type=1&ref=nf

    ReplyDelete
  2. lucu banget ...... sangat tidak obyektif
    padahal di tread itu ada 300an komentar, yang ditulis cuman beberapa itupun dipilihi yang pro aja ... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. kwkakakakak....
    postingan saya di atas sesuai tread yang ada di akun Facebook saya, dan saya nulisnya sebelum ramai jadi ttread dimana-mana

    coba lihat disini ->>https://www.facebook.com/photo.php?fbid=438352789537849&set=a.137544029618728.15448.100000893958346&type=1&theater

    Terimakasih atas komentarnya :D

    ReplyDelete
  4. setelah di cek ternyata memang banyak tread yg post ini, cuman yg bikin bingung dan bertanya2, kok banyak tread ceritanya beda2.
    Sebenernya ini bener2 cerita pengalaman atau testimoni fiktif?
    Menurut saya perbedaan hasil di Calculator Windows itu bukanlah suatu kelalaian karena sudah jelas tertulis di helpnya (saya baca di help Windows 7), kalo antara Standar & Scientific itu beda cara perhitungannya.
    Beberapa komentar menyebut bahwa yg haslnya "0" itu kalkulator "tukang sayur", padahal di rata kalkulator manual (bahkan yg bermerk seperti casio dll) yang mana kalkulator tersebut juga dipakai kalangan atas hasilnya seperti itu.
    Dengan bergitu sama artinya mengatakan bahwa produsen kalkulator tersebut "goblok" semua.
    Sebenernya kalo dilihat dari kebutuhan user, Calculator punya windows yg bisa menjawab 2 kebutuhan, mau sesuai urutan bisa, mau prioritas operator bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonim: Dari pertama Anda komentar di blog ini sudah terlihat kalau Anda meragukan tulisan saya, itu terlihat dari komentar Anda yang mengatakan tulisan saya tidak Obyektif, misalnya seperti ini "lucu banget ...... sangat tidak obyektif
      padahal di tread itu ada 300an komentar, yang ditulis cuman beberapa itupun dipilihi yang pro aja ... wkwkwkwk"
      padahal pada tulisan diatas sudah saya cantumkan link ke sumbernya, seperti pada petikan tulisan berikut: Tadi saya iseng-iseng membuat Tread masalah ini di Akun Facebook saya, dibawah ini beberapa tanggapan dan komentar dari teman-teman, coba Anda klik pada kata " Akun Facebook" pasti mengarah ke Tread yang saya maksud

      dari tangakapan layar juga sudah jelas jika gambar tersebut menunjukkan Calculator di BlankOn 8 Rote dan calculator di Windows XP standard.

      Kalau Anda meragukan tulisan saya tersebut saya bisa membuktikannya dengan mengajak Anda datang ke Sekolahan yang bersangkutan, lagian saat ini saya gak ada waktu untuk mengarang-ngarang cerita, lagi-lagi Anda kurang Jeli membaca tulisan saya, diawal tulisan sudah saya jelaskan bahwa "belakangan ini gak sempat menulis di Blog karena sibuk nulis buku Panduan Rote, dan jika Anda Klik pada tulisan "Panduan BlankOn 8 Rote" maka akan mengararah ke Link yang bersangkuatan.

      Delete
  5. Kalo tujuannya ingin lebih memperkenalkan linux/open source diindonesia akan lebih bijaksana kalo tidak membuat kampanye negatif.
    Ingat tidak ada yang sempurna di dunia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini saya mengenalkan Linux atau Opensource sudah sangat hati-hati, coba Anda baca postingan saya dengan label "Liputan" (http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/search/label/Liputan) dari tulisan tersebut seharusnya Anda bisa menyimpulkan Sendiri

      dan saya akan sangat menghargai komentar-komentar disini yang menggunakan Akun pribadi bukan "Anonim"

      Delete
  6. ada salah satu komentar (bukan di tread anda) yang mengatakan bahwa sesuai metode perhitungan matematika punya linuxlah yg benar.
    kemudian ada yg post sebuah link yg menyebutkan kalo gak salah ada 4 metode yg diakui dunia.
    kemudian tiba2 hilang, kayaknya dihapus sama adminnya ... ini maksudnya apa .. gak fair banget.

    Mohon maaf bila ada kata2 yg kurang sopan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah tread di group atau akun Facebook lainnya itu bukan tanggung jawab saya, lha saya bukan Admin disitu

      tidak ada yang salah koq, jadi gak ada yang perlu dimaafkan, mungkin Anda kurang jeli saja baca tulisan saya, bisa saja karena pengaruh tread diluar terus ikut kebawa-bawa kesini :D

      Delete
  7. Kenapa tiba-tiba saja Matematika jadi ilmu (tidak) pasti??

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. mungkin gurunya kurang mumpuni dalam matematika. kalo soal kalkulator di windows itu emang pemrosesannya yg beda. gak usah pakek "=" langsung dihitung per operasi. 3x3=9, 9+3=12, 12x0=0. jadi menurut saya gak ada masalah dengan kalkulatornya windows.

    oh iya, saya juga pengguna linux lho, pakek linux mint 13. soalnya belum punya cukup uang untuk beli windows. nanti kalo udah punya uang mau dual boot windows & linux

    blank on terlalu berat utk komputer saya. pakek gnome 3 sih. blank on yg LXDE ada nggak?

    nggak masalah apapun softwarenya baik windows atau linux atau yg lain, yg penting legal & halal. bener gak? :-)

    ReplyDelete
  10. Karena teori matematika menyebutkan bahwa mendahulukan operator terbesar untuk melakukan operasi perhitungan. Jadi, 3x3 = 9 baru ditambah dengan 3x0 = 0 sehingga akan menghasilkan 9 + 0 = 9.

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.