Menulis Karakter Khusus di Inkscape

Untuk Anda pemakai aplikasi Open Source dan yang hoby menggambar tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya Inkscape, ya Inkscape memang salah satu aplikasi untuk menggambar Vektor dari yang sederhana sampai yang rumit, selain untuk menggambar kita juga dapat membuat tulisan dengan apliaksi ini dengan menggunakan menu Text Tool yang berada pada menu Tool Box, selain untuk membuat tulisan sederhana, Text Tool dapat juga untuk membuat tulisan yang berbentuk simbol atau Karakter Khusus seperti yang biasa dibuat menggunakan aplikasi pengolah kata semacam LibreOffice Writer



Text Tool digunakan untuk membuat tulisan pada Object atau halaman



Cara menggunakan

Klik ikon berbentuk aksara “A” pada Toolbox atau tekan Shift + Ctrl + T pada keyboard, terdapat dua cara untuk membuat tulisan, yaitu:
  1. Klik ikon Text Tool pada Toolbox, arahkan kursor pada canvas, klik kiri dan lepas, setelah itu lakukan pengetikan sesuai kata-kata atau kalimat yang akan dibuat, tulisan yang dibuat memanjang ke samping.
  2. Klik ikon Text Tool kemudian letakkan kursor pada area kerja, klik -> tahan dan seret tombol kiri mouse hingga membentuk object segi empat, kemudian lepas, setelah itu lakukan pengetikan sesuai kata-kata atau kalimat yang akan dibuat, tulisan yang dibuat akan berada dalam kotak, jika tulisan sudah mencapai garis pinggir kotak maka secara otomatis akan turun menjadi paragraf atau garis baru dibawah nya. Panjang dan lebar teks bisa diatur dengan cara menyeret bagian pinggir kotak.

Karakter Khusus
Tekan Ctrl+U ->> tulis kombinasi angka atau aksara ->> tekan Enter, misalnya untuk menulis simbol hak cipta tekan Ctrl+U, ketik a9 kemudian tekan Enter, cobalah menulis simbol lain dengan menulis kombinasi angka dan aksara lainnya.



Untuk membuat Karakter khusus secara bersambung bisa dengan cara menekan tombol Spasi setelah penulisan simbol pertama selesai.
Tekan Esc atau Ctrl+U untuk membatalkan mode karakter khusus.

Daftar Isi Inkscape

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menulis Karakter Khusus di Inkscape"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.