Selector Tool

Sambungan dari Mengenal Tool Box

Selector Tool digunakan untuk memilih, dan mengtur object pada Canvas dengan menggunakan mouse atau keyboard dan peralatan lainnya.

Cara Menggunakan

Klik ikon Selector Tool kemudian pilih dan klik object yang akan dimodifikasi, maka pada object akan terdapat bingkai dengan garis tepi hitam putus-putus berbentuk persegi panjang yang mengelilingi object tersebut.

A. Memilih Object

Jika object terdiri dari beberapa bagian yang sudah dikelompokkan (grouping), klik dua kali pada salah satu object untuk memisahkannya. Klik salah satu object untuk melakukan pengeditan, cara lainnya dengan melakukan klik salah satu Object sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard.

B. Menyeleksi dan menghapus object

Klik salah satu object setelah itu tekan tombol Delete, untuk menghapus beberapa object sekaligus lakukan sambil menekan tombol Shift => kemudian pilih object lainnya => tekan Delete.




C. Rubberband Selection

Rubberband Selection dilakukan dengan cara melakukan klik pada object sehingga pada sekeliling object terbentuk garis putus-putus yang pada setiap sudut dan sisinya terdapat tanda panah yang saling berlawanan, sehingga object dapat dimodifikasi dengan mudah, untuk melakukan Rubberband Selection pada beberapa object sekaligus klik object pertama sambil menekan tombol Shift kemudian pilih object lainnya.

Lihat contoh gambar berikut:
Terdapat beberapa object => klik salah satu object => klik object lainnya sambil tetap menekan tombol shift (semua object berwarna hitam) => perkecil semua object berwarna hitam dengan menyeretnya kearah pojok kiri bawah.

Selain untuk untuk mengubah ukuran object, Rubberband Selection juga dapat digunakan untuk mengubah beberapa warna pada object menjadi satu warna secara bersamaan dengan memilih dan melakukan klik warna yang sesuai pada Color Palette.


D. Touch Selection

Touch Selection digunakan untuk memilih object dengan membuat garis seperti freehand, cara ini memudahkan pekerjaan pada saat melakukan pemilihan beberapa object secara bersamaan diantara object lainnya.
Untuk melakukan Touch Selection, arahkan kursor ke sekelompok object di canvas => tekan Alt => klik => tahan dan geser kursor yang sudah berubah bentuk menjadi garis merah pada object yang dipilih.

Catatan:
Pada sebagian Sistem Operasi GNU/Linux penggunaan Touch Selection tidak dapat dilakukan karena tombol Alt biasanya dipakai untuk mengontrol jendela aplikasi yang sedang dijalankan, untuk dapat melakukan Touch Selection pada Sistem Operasi GNU/Linux silakan lakukan pengaturan ulang fungsi tombol keyboard pada Distro Linux yang dipakai.

E. Moving Object

Untuk menggeser atau memindah object, klik salah satu object yang akan digeser, tahan dan seret ke tempat tujuan, kemudian lepaskan.
Selain cara diatas masih ada dua cara lagi yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan tombol arah pada keyboard dan mengisikan nilai tertentu di kotak X dan Y pada Tool Control.

  • Klik object yang akan digeser, kemudian tekan tombol arah kiri-kanan atau atas-bawah pada keyboard untuk menggeser object tersebut, agar jarak object waktu digeser tidak terlalu lebar, lakukan penggeseran sambil menekan tombol Alt.
  • Klik object, isikan nilai tertentu pada kotak isian yang ada dimenu Tool Control, kotak X artinya jarak object dari sisi kiri Canvas, sedangkan kotak Y artinya jarak object dari sisi bawah Canvas, setelah nilai yang diisikan sudah sesuai tekan tombol Enter.
Transforming Objects
Terdapat dua mode dalam Selector Tool yang digunakan untuk mengubah posisi object yaitu: skala dan rotasi.

A. Ukuran object

Untuk mengubah lebar maupun tinggi object, klik object, kemudian tarik pegangan (berbetuk tanda panah saling berhadapan) yang terletak pada sudut atau yang ada di salah satu sisi object

Cara lainnya adalah dengan mengisi nilai tertentu di kotak W dan H pada Tool Control, isikan nilai tertentu pada kotak isian yang ada dimenu Tool Control, kotak W artinya ukuran Lebar object, sedangkan kotak H artinya ukuran Tinggi object, setelah nilai yang diisikan sudah sesuai tekan tombol Enter.



Agar ukuran object waktu di perbesar ataupun di perkecil tetap simetris (ukuran lebar-tinggi secara otomatis mengikuti ukuran yang di ubah), Anda dapat mengunci object tersebut dengan melakukan klik ikon gembok yang ada diantara kotak W dan H.

B. Rotasi atau perputaran

Rotasi berguna untuk melakukan pengaturan object tertentu agar object tersebut selaras dengan object lainnya. Untuk memutar object, klik object, kemudian lepas dan klik sekali lagi hingga di empat sudut object terbentuk tanda panah saling berhadapan terlihat melengkung, kemudian klik dan tahan sudut tanda panah tersebut ke kiri atau ke kanan (memutar) setelah itu lepaskan.

Posisi pangkal object bergeser berlawanan dengan ujung object yang diputar, misalnya ujung object disebelah kanan atas di putar ke bawah makan pangkal object sebelah kiri bawah akan bergeser ke atas dengan posisi pusat object tidak bergeser.

Jika pada saat memutar object sambil menekan tombol Shift maka object akan bergeser memutar dari posisi semula (tergantung dari perputaran yang dilakukan), pangkal object akan berubah menjadi pusat object.

Klik ikon Rotate Selection 900 untuk melakukan perputaran dengan kemiringan 900 (sembilan puluh derajat).

Jika ikon disebelah kiri yang di klik maka object akan berputar kekiri sedangkan jika melakukan klik ikon desebelah kanan object akan berputar sebaliknya.

C. Skewing or Shearing

Skewing atau shearing adalah metode untuk membuat object menjadi miring atau condong kearah tertentu, Skewing atau shearing dapat dilakukan dengan mode memutar atau menggeser object menggunakan mouse.

Untuk melakukan Skewing atau shearing dapat dilakukan dengan cara berikut: klik object, klik sekali lagi hingga pusat object muncul atau tanda + (tambah) muncul, geser tanda tersebut ke salah satu sisi object yang ada tanda panah saling berlawanan, kemudian geser ke arah tertentu. 

D. Mirroring

Mirroring flips adalah cara untuk membalik object secara vertical atau horizontal. Object yang dibalik ukurannya tidak berubah (tetap sama) dan letak object tidak bergeser.

Untuk melakukannya Mirroring flips, aktifkan terlebih dulu object, kemudian lakukan langkah berikut:
Flip Horizontal:
  • Melalui bar menu, klik Object => Flip Horizontal
  • Melalui ikon Comand Bar, klik ikon Filp selected objects horizontally.
  • Menggunakan Keyboard, tekan H
Flip Vertical:
  • Melalui bar menu, klik Object => Flip Verical
  • Melalui ikon Comand Bar, klik ikon Filp selected objects vertical ly.
  • Menggunakan Keyboard, tekan V

Tips & triks Selector Tool

Dibawah ini beberapa triks yang dapat dilakukan
  • The Transform Window digunakan untuk melakukan pengaturan object secara tepat, klik Object => Transform atau tekan Shift+Ctrl+M, pada jendela Transform terdapat beberapa menu yaitu: Move, scale, Rotate, Skew dan Matrik

  • Tekan Esc untuk membatalkan selection atau klik ikon Deselected any selected objects or nodes pada Tool Control.
  • Klik object sambil menekan Ctrl atau Shift+Ctrl jika ingin memilih object dalam kelompok (grouping).
  • Tekan Ctrl+A untuk memilih semua object pada layer yang sedang digunakan atau klik ikon Select all object or all nodes pada Tool Control.
  • Tekan Ctrl+Alt+A untuk memilih seluruh object pada semua layer yang sedang aktif dan tidak terkunci atau klik ikon Selected all objects in all visible and unlocked layer pada Tool Control.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Selector Tool"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.