Mengenal Node Tool pada Inkscape



3.2. Node Tool

Penggunaan Node Tool sangat penting pada Inkscape dalam pengolahan Object yang berbentuk garis dan kurva, terutama untuk memilih, mengolah, manipulasi dan mengedit Path, karena paths normal lebih mudah jika diedit menggunakan Node Tool.
Dengan adanya fasilitas Auto-smooth nodes (pengotrol berupa garis halus) sangat memudahkan dalam modifikasi Path, misalnya waktu membengkokkan garis sehingga tidak mengganggu path atau node lainnya. 

Menggunakan Node Tool
Pilih dan klik Path yang ada di Canvas, kemudian klik ikon Node Tool pada Tool Box, klik sekali lagi path yang akan di edit atau di modifikasi, cara lainnya bisa dilakukan dengan menekan tombol F2 pada keyboard.

A. Menambahkan Node
Klik ikon node yang ada tanda Tambah diatasnya (paling kiri) pada Tool Control, kemudian klik salah satu path, cara lainnya dengan langsung melakukan klik dua kali pada path. Maka node baru akan ditambahkan pada salah path bentuknya.


Selain cara diatas, penambahan node juga bisa dilakukan dengan menekan tombol Insert pada keyboard.

B. Menghapus Node
Pilih dan klik salah satu node, kemudian tekan tombol Delete atau Backspace pada keyboard, cara lainnya dengan menekan tombol Ctrl+Alt+klik kiri.

Pada saat menghapus node dengan menekan tombol Delete atau Backspace bentuk pinggir path tidak berubah, sedangkan jika sambil menekan tombol Ctrl maka secara otomatis bentuk path akan berubah.

C. Menggabung Node
Klik salah satu bagian path diantara dua node, kemudian klik ikon Joint Selected Nodes, maka kedua node tersebut akan tergabung menjadi satu, posisi node berada diantara dua node yang digabungkan.


Untuk menggabungkan semua node menjadi satu, tekan tombol Crtl+J.

D. Memutus Path
Klik salah satu node, kemudian klik ikon Break path at selected nodes pada Tool Control, setelah itu geser node untuk melihat hasilnya.

E. Menyambung dan memotong Path
Untuk memotong path, klik salah satu bagian path di antara dua node, kemudian klik ikon Delete segment between two non-endpoint nodes, sedangkan untuk menyambung kembali node tersebut klik ikon Join selected endnodes with a new segment.

Penyambungan path hanya bisa dilakukan secara langsung setelah dilakukan pemotongan pertama, (tidak bisa melakukan penyambungan path setelah melakukan pemotongan kedua).

F. Modifikasi bentuk Path
Modifikasi bentuk path bisa dilakukan dengan cara melakukan klik ikon node Corner, smooth, symmetric, aotu-smooth, lines, dan curves, pada saat melakukan klik pada ikon tersebut maka path berubah.
Sedangkan cara lainya bisa dengan langkah berikut: klik ujung auto-smooth node atau lingkaran kecil pada ujung salah satu jalur, kemudian tahan dan seret ke kiri-kanan atau atas-bawah (ke arah yang di kehendaki) kemudian lepas.
G. Mengaktifkan path pada object
Pada object tertentu node tidak aktif secara otomatis, misalnya pada object lingkaran, spiral, dan teks, sehingga akan sulit untuk melakukan penambahan, pemotongan, penggabungan node.
Klik Object => Edit paths by nodes => Convert selected object to path, kemudian klik kembali object yang akan dimodifikasi
H. Mengubah Stroke menjadi Path
Klik Object => Edit paths by nodes => Convert selected object's stroke to path, kemudian klik kembali object yang akan diubah menjadi garis.

Bersambung ke  => Twek Tool 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Node Tool pada Inkscape"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.